Kamis, 30 April 2015

Punya Rumah Sakit

Kalau tiap dokter ditanya apakah mereka mau punya rumah sakit, hampir pasti jawabannya mau. Klinik aja mau, apalagi rumah sakit!

Rumah sakit adalah sebuah wujud yang bisa jadi manifestasi suatu atau kumpulan berbagai nilai.

Entah untuk mencari penghasilan, mewujudkan idealisme terhadap proses pelayanan pasien, menyalurkan semangat bakti sosial, atau lainnya.

Tapi, sayangnya dokter pada dasarnya tidak dididik untuk memiliki rumah sakit. Tidak pernah. Dokter dididik untuk mengobati pasien.

Maka jadilah seperti saat ini. Hampir semua rumah sakit dimiliki oleh non-dokter.

Kemarin ada yang tanya apa saya mau.jadi dokter. Ada juga yang bilang saya harus jadi dokter. Saya bilang saya tidak bisa tidak jadi dokter. Saya sudah jadi dokter.

Saya dokter umum. Mungkin tidak jadi spesialis, lalu akan tetap jadi dokter umum. Yang pasti, saya tidak mau jadi dokter pada umumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar