Senin, 31 Januari 2011

Fisiologi #1: Alveolus (1)


tentu semuanya udah pada tau sama yang namanya alveolus, yaitu tempat pertukaran udara di dalam paru-paru. nah, ada yang menarik dari alveolus. mereka punya kecenderungan untuk collapse alias mengkerut karena surface tension (tegangan permukaan) yang dia punya. yang bikin dia ngga collapse ada 2 faktor.


pertama, dia ngehasilin surfaktan. surfaktan adalah zat cair yang nahan permukaannya biar ga mengkerut. kalau ada bayi yang lahir prematur, resikonya besar untuk kena masalah pernapasan karena sel-sel alveolusnya belum cukup matang untuk ngehasilin surfaktan yang memadai.

kedua, mekanisme yang disebut interdependensi alveolus. kantung alveolus (alveolar sac) berbentuk kantung bulat kaya balon. nah, mereka berkumpul mirip anggur ngebentuk alveolar duct. jadi kalo suatu kantung alveolus kekurangan surfaktan dan cenderung mengkerut, dia bakal narik kantung alveolus yang lain untuk meregang. nah, karena yang lain juga punya tegangan permukaan (surface tension) yang cenderung narik dia mengkerut ke dalem, jadinya alveolar sac yang ketarik meregang ini bakal cenderung ngejaga bentuknya. hal ini yang bikin dia juga cenderung nahan alveolus yang tadinya udah mau mengkerut karena kurang surfaktan itu ga jadi mengkerut dan bisa tetep terjaga bentuknya.



***

faktor utama keberhasilan kita dalam hal apapun adalah takdir Allah. usaha segimana besar pun, kalo Allah berkehendak lain ga bakal jadi. sebaliknya kalo Allah berkehendak, kita ga berusaha keras (atau ga berusaha bahkan berusaha menghindar pun) bakal tetep terjadi. nah, di sisi lainnya barulah ada area yang jadi domain kita, yaitu usaha (ikhtiar).

ada 2 hal yang berpengaruh besar pada diri kita, yaitu faktor internal diri kita dan lingkungan. sama kaya alveolus yang cenderung collapse, manusia cenderung untuk males, gampang jatuh, dan lemah usaha. sama kaya alveolus juga, faktor yang bisa ngejaga manusia supaya ngga "collapse" adalah "surfaktan" yang dia punya alias daya tahannya sendiri dan orang-orang lain yang ada di sekitarnya yang sama kaya alveolus-alveolus lain yang ngejaga alveolus yang udah mau collapse untuk tetep bertahan.

(bersambung..)

5 komentar:

  1. dan idealnya begitulah sebuah organisasi atau keluarga, bukan? Saling menjaga :)

    BalasHapus
  2. kang..ini pernah di omongin pas mentor ya??
    kurangi kata2 NAH atulahhhh

    BalasHapus