Sabtu, 15 Oktober 2011

Kok Mau? #1

tan, kenapa mau?


Suatu hari nini tampak termangu di  balkon rumah yang mulai dirimbuni tanaman rambat. Nini risau karena walaupun usia sudah mulai menua, sudah punya anak dan cucu, aki Iwan berkeras ingin bergabung dengan tentara sebagai sukarelawan. Kabarnya tentara sedang memburu kelompok separatis yang menculik warga negara asing.

Kemampuan aki tentang navigasi, mencari jejak, dan ketahanan hidup di hutan bisa sangat membantu tentara untuk meringkus para separatis. Nini tak bisa membayangkan apa jadinya jika terjadi apa-apa dengan aki, karena para separatis itu bersenjata bisa saja aki menjadi korban.

Nini bilang, "Tentara bukan, pegawai negeri bukan, digaji juga tidak tapi kok mau-maunya mengambil resiko sebesar itu!"


Kamis, 06 Oktober 2011

Pemimpin: Terlahir atau Terbentuk?

Dimana-mana tidak ada sekolah pemimpin, tak ada ijasah pemimpin.
Pemimpin tidak bisa dicetak atau di SK-kan.
Sebab pemimpin itu tumbuh di lapangan setelah berinteraksi dengan tantangan di masyarakat.
Bila seseorang memang berbakat menjadi pemimpin & mendapat tantangan,
ia akan menggunakan seluruh kemampuan & ilmu yang dikuasainya untuk menghadapi tantangan itu.
Pemimpin baru akan muncul dengan sendirinya.
Sebab tantangan yang menghadang bangsa masih banyak.
Pemimpin harus berakhlak mulia & berakar di hati rakyat.
(M. Natsir)


***

saya dapet ini dari blognya Bang Ali. waktu saya twit ini, ngga lama setelahnya ditanggepin sama Kang Ikus:

Pemimpin tidak hanya dilahirkan, tapi jg krn dibentuk.
Perlu tangan terampil membentuk emas bongkahan jadi emas perhiasan :)
Praktik kepemimpinan tetap butuh ilmu.
Ingat pepatah "Beramal tanpa ilmu, maka yg dirusak lebih banyak dari yg diperbaiki"
Majlis ilmu Rasulullah adalah Sekolah Kepemimpinan.
Laboratoriumnya adalah dunia. Alumninya menjadi para pemimpin yg mendunia
Kepemimpinan adalah ilmu sekaligus seni.
Maka memiliki ilmu dan keterampilan memimpin jd kebutuhan. Itulah perlunya "sekolah"
Hanya menunggu pemimpin yg muncul tiba2, itulah mental penunggu Ratu Adil.
Pemimpin itu harus dibentuk dan disiapkan juga :)

***

sebetulnya ngga bertentangan, tapi saling melengkapi :)

Istikharah

Allah, kumohon kebaikan..
yang cepat & yang lambat, yang ku tahu & yang belum..

Allah, kumohon surga & apa yang mendekatkan padanya baik ucapan/tindakan.
Ku berlindung dari neraka & apa yang mendekatkan padanya baik ucapan/tindakan.

Allah, kumohon agar Kau jadikan setiap keputusan yang kau takdirkan itu baik untukku (HR. Ibnu Majah)

Rabu, 05 Oktober 2011

Idealisme Kami

Betapa inginnya kami agar bangsa ini mengetahui
bahwa mereka lebih kami cintai daripada diri kami sendiri

Kami berbangga ketika jiwa-jiwa kami gugur
sebagai penebus bagi kehormatan mereka,
jika memang tebusan itu yang diperlukan

Atau menjadi harga bagi tegaknya kejayaan, kemuliaan,
dan terwujudnya cita-cita mereka jika memang itu harga yang harus dibayar

Tiada sesuatu yang membuat kami bersikap seperti ini
selain rasa cinta yang telah mengharu-biru hati kami,
menguasai perasaan kami, memeras habis air mata kami,
dan mencabut rasa ingin tidur dari pelupuk mata kami

Betapa berat rasa di hati kami
menyaksikan bencana yang mencabik-cabik bangsa ini,
sementara kita hanya menyerah pada kehinaan dan pasrah oleh keputusasaan

Kami ingin agar bangsa ini mengetahui
bahwa kami membawa misi yang bersih dan suci, bersih dari ambisi pribadi,
bersih dari kepentingan dunia, dan bersih dari hawa nafsu

Kami tidak mengharapkan sesuatu pun dari manusia,
tidak mengharap harta benda atau imbalan lainnya, tidak juga popularitas,
apalagi sekedar ucapan terima kasih
Yang kami harap adalah terbentuknya dunia yang lebih baik dan bermartabat
serta kebaikan dari Allah – Tuhan semesta alam

-----------------------------------------------------------------------
namanya juga 'idealisme', kenyataannya.. masih dalam proses berusaha dan menjaga kesadaran

Selasa, 04 Oktober 2011

Alma Matters - Morrissey

So : the choice I have made
May seem strange to you
But who asked you, anyway ?
It’s my life to wreck
My own way

You see : to someone,
somewhere, oh yeah ..
Alma matters
In mind, body and soul
In part, and in whole

Because to someone,
somewhere, oh yeah ..
Alma matters
In mind, body and soul
In part, and in whole

So the life I have made
May seem wrong to you
But, I’ve never been surer
It’s my life to ruin
My own way

You see : to someone,
somewhere, oh yeah ..
Alma matters
In mind, body and soul
In part, and in whole

Because to someone,
somewhere, oh yeah ..
Alma matters
In mind, body and soul
In part, and in whole

To someone, somewhere, oh yeah ..
Alma matters
In mind, body and soul
Part, and in whole

So to someone,
somewhere, oh yeah ..
Alma matters
In mind, body and soul
Part, and in whole

To someone,
somewhere, oh yeah ..
Oh yeah ..
Oh yeah, oh yeah
Oh yeah ..

-------------------------------------------------------------------
sekitar setahun yang lalu, Hakam ngebet banget nyari mp3 lagu ini. tiba2 kemaren Ponti ngetwit potongan lagu ini, jadi inget lagi karena semacam pas untuk jadi soundtrack hidup sekarang2 walaupun lagunya aneh dan kurang pas di telinga saya :)