Jumat, 28 Mei 2010

Bukan Pahlawan

(by Superman is Dead)

Di sudut kota ini melangkah sepi
Dihantui mimpi abadi
Tangis dan air mata di pinggir jalan
Kapankah ini kan berakhir

Pemabuk diperlukan pelacur jalanan
Bermahkotakan duri tajam
Tutup matamu kawan besarkan hati
Surga dan neraka menanti

Reff:
Aku bukan pahlawan berparas tampan
Sayap-sayap pupus terbakar
Salah benar semua pernah kulakukan
Angkat gelas kita bersulang

Pertarungan abadi setan malaikat
Luluh lantak darah mewangi
Berhamburan sejuta nafas ke langit
Dunia berhenti tertawa

Kembali ke Reff

Angkat gelas kita bersulang
Walau kalah jangan menyerah

download lagunya disini

***

"Seorang pahlawan boleh salah, boleh gagal, boleh ditimpa musibah.. Tapi dia tidak boleh kalah, dia tidak boleh menyerah pada tantangannya. Dia tidak boleh menyerah kepada keterbatasannya, dia harus tetap melawan, menembus gelap supaya dia mampu menjemput fajar sebab kepahlawanan adalah piala yang direbut, bukan anugerah yang dihadiahkan"
(Anis Matta)

***

Kekalahan sebenarnya adalah saat menyerah.
Kekalahan sebenarnya adalah saat berhenti karena keterbatasan dan kekurangan.
Kekalahan sebenarnya adalah saat "kapok" karena pernah melakukan kesalahan.

Yes, the show must go on..

*ini lanjutan tulisan sebelumnya berjudul "in this simple & beautiful life"

Kamis, 27 Mei 2010

Wavin' Flag (World Cup Version)

(by K'Naan)

Give me freedom, give me fire, give me reason, take me higher
See the champions, take the field now, you define us, make us feel proud
In the streets are, exaliftin , as we lose our inhabition,
Celebration its around us, every nation, all around us

Singin forever young, singin songs underneath that sun
Lets rejoice in the beautiful game.
And together at the end of the day.

We All Say..

When I get older I will be stronger
They’ll call me freedom Just like a wavin’ flag
And then it goes back (3x)

When I get older I will be stronger
They’ll call me freedom
Just like a wavin’ flag
And then it goes back (2x)
And then it goes..

Oooooooooooooh woooooooooohh hohoho

Give you freedom, give you fire, give you reason, take you higher
See the champions, take the field now, you define us, make us feel proud
In the streets are, exaliftin, every loser in ambition,
Celebration, its around us, every nations, all around us

Singin forever young, singin songs underneath that sun
Lets rejoice in the beautiful game.
And together at the end of the day.

And everybody will be singinit

And we are all singinit

download lagunya disini

Di Udara

(by Efek Rumah Kaca)

Aku sering diancam
juga teror mencekam
Kerap ku disingkirkan
sampai dimana kapan

Ku bisa tenggelam di lautan
Aku bisa diracun di udara
Aku bisa terbunuh di trotoar jalan
tapi aku tak pernah mati
Tak akan berhenti

Aku sering diancam
juga teror mencekam
Ku bisa dibuat menderita
Aku bisa dibuat tak bernyawa
di kursi-listrikkan ataupun ditikam

Tapi aku tak pernah mati
Tak akan berhenti
Tapi aku tak pernah mati
Tak akan berhenti

Ku bisa dibuat menderita
Aku bisa dibuat tak bernyawa
di kursi-listrikkan ataupun ditikam

Ku bisa tenggelam di lautan
Aku bisa diracun di udara
Aku bisa terbunuh di trotoar jalan

[Reff:]
Tapi aku tak pernah mati
Tak akan berhenti

download lagunya disini

In This Simple & Beautiful Life


This ain't a song for the brokenhearted
No silent prayer for the faith departed
And I ain't gonna be just a face in the crowd
You're gonna hear my voice when I shout it out loud

It's my life
It's now or never
I ain't gonna live forever
I just wanna live while I'm alive

(It's my life)
My heart is like an open highway
Like Frankie said, "I did it my way"
I just wanna live while I'm alive
'Cause it's my life

This is for the ones who stood their ground
For Tommy and Gina who never backed down
Tomorrow's getting harder, make no mistake
Luck ain't even lucky, gotta make your own breaks

You better stand tall
When they're calling you out
Don't bend, don't break
Baby, don't back down
(it's my life-bon jovi)
download lagunya disini

***

Sore-sore, saya lagi jalan. Jalannya cepet-cepet soalnya banyak yang mesti saya kerjain.

Tiba-tiba seorang temen ngejar-ngejar saya pengen ketemu. Pas ketemu dia bilang, "Saya kecewa sama kamu, tan. Kamu ga bener ngerjain kerjaan tadi pagi padahal saya udah mau bantuin kamu".
Selesai. Ga ada lagi yang dia bilang selain 2 kalimat itu.

Malem-malem, saya masih jalan cepet-cepet karena masih banyak yang mesti saya kerjain. Sekali lagi seorang temen muncul tiba-tiba di depan saya. Kali ini orangnya beda dari yang tadi sore. Dia bilang, "Saya kesel sama kamu. Saya ga bisa bersikap baik sama kamu walopun kamu temen saya".
Selesai. Ga ada yang dia bilang lagi selain 2 kalimat itu.
Saya sempet nanya selintas, "kenapa?"
Tapi temen saya itu pergi ga mau jawab.

***

Beberapa hari setelah itu, saya nyari-nyari waktu buat ngobrol sama beberapa temen saya yang lain untuk nyari tau alesan kenapa orang yang kedua tadi kesel sama saya. Akhirnya saya tau. Alhamdulillah.. Ok, insya Allah saya coba beresin masalahnya.

Setelah ngobrol sama temen-temen saya tadi, saya duduk-duduk buat internetan. Seorang temen saya lewat dan selintas dia bilang,
"tanri, hati-hati ya. ada 3 orang yang bilang kesel sama kamu ke saya".
Saya jawab, "orangnya si 'itu' bukan?"
Kata temen saya, "bukan".
Saya bilang, "ok, jadi nambah lagi".

***

Hadapi dengan senyuman
Semua yang terjadi biar terjadi
Hadapi dengan tenang jiwa
Semua kan baik-baik saja

Bila ketetapan Tuhan
Sudah ditetapkan, tetaplah sudah
Tak ada yang bisa merubah
Dan takkan bisa berubah

Relakanlah saja ini
Bahwa semua yang terbaik
Terbaik untuk kita semua
Menyerahlah untuk menang

(hadapi dengan senyuman-dewa)
download lagunya disini


*ini lanjutan dari tulisan sebelumnya berjudul "maaf saya rasional"

Rabu, 26 Mei 2010

Breakthrough

(by Nidji)

We used to think when we are younger
Living the lies behind the wall
Then she ask me what i’m thinking
And i said oh nothing at all



We ‘re not a vintage generation
It’s time to leave and break the wall
Then she ask me what i’m doing
So i said now its time for revolution

No no no..
You dont know me any more
Low low low..
You’re gonna low your self
And take us higher

Reff :
Here we are try to reach the stars
We are getting higher on and on Go go go
Like a hyperdrive
We came along this far
We are getting bigger on and on
We’re untouchables

It’s time to leave and break the wall
Now its time for revolution
It’s time to leave and breaking on
Its revolution

download lagunya disini


Mendahului Tuntutan

"with great power comes great responsibility" (spiderman)

saya pikir ga slalu gt lho.

kadang tanggung jawab/tuntutan datang lebih dulu dari kekuatan.
itu bisa membuat kekuatan kita ikut terseret menguat,
tapi juga bisa jadi blunder tragedis dalam kehidupan..

jadi, jelaslah tugas kita hari ini:
memiliki jawaban atas pertanyaan2 yang akan datang,
memiliki solusi atas masalah2 yang akan bermunculan,
memiliki kekuatan dan kapasitas yang selalu mendahului tuntutan dan tanggung jawab dari ummat.

semoga..

*lagian superman lebih keren dari spiderman ^^



Selasa, 25 Mei 2010

Menjadi Indonesia

(by Efek Rumah Kaca)

ada yang memar, kagum banggaku
malu membelenggu
ada yang mekar, serupa benalu
tak mau temanimu

lekas,
bangun tidur berkepanjangan
menyatakan mimpimu
cuci muka biar terlihat segar
merapikan wajahmu
masih ada cara menjadi besar

ada yang runtuh, tamah ramahmu
beda teraniaya
ada yang tumbuh, iri dengkimu
cinta pergi kemana?

memudakan tuamu
menjelma dan menjadi indonesia

download lagunya disini

Cinta Melulu

(by Efek Rumah Kaca)

Nada-nada yang minor
Lagu perselingkuhan
Atas nama pasar semuanya begitu klise

Elegi patah hati
Ode pengusir rindu
Atas nama pasar semuanya begitu banal

Reff:
Oh oh…
Lagu cinta melulu
Kita memang benar-benar melayu
Suka mendayu-dayu

Apa memang karena kuping melayu
Suka yang sendu-sendu
Lagu cinta melulu

download lagunya disini

Minggu, 23 Mei 2010

Inter, Treble, Pragmatisme & Kapasitas

Akhirnya inter dapet tiga gelar alias treble winner. Gimana pun, saya dan banyak orang lainnya yakin kunci kesuksesan inter adalah manajernya: Jose Mourinho.
Walopun dikenal dengan kelakuannya yang banyak omong dan songong, dia emang pinter ngeracik strategi & cenderung ga peduli sama pendapat orang lain.

Inter berkali-kali maen pragmatis terutama waktu lawan Barca yang maen indah menyerang. Sebetulnya maen pragmatis dengan gaya defensif banyak dikritik orang tapi Mou dengan internya tetep aja make taktik itu. Hasilnya, tiga gelar direbut dan Mourinho pun dianggap pahlawan.

***

Idealis atau pragmatis nentuin di titik mana seseorang akan nempatin cita-citanya dan kaya gimana konsep/gambaran hidup yang pengen dijalaninya. Tapi untuk sukses, yang nentuin adalah kemauan dan kemampuan seseorang untuk bikin idealismenya jadi konkret.

Itulah kenapa kita ga jarang ngeliat orang-orang idealis kalah prestasi dari orang-orang pragmatis. Karena alasan tadi: kesuksesan ga ditentuin idealisme, tapi ditentuin kapasitas & kerja keras.

Pada akhirnya orang-orang idealis bisa cuma jadi 'bumbu sejarah' dengan idealismenya, tapi orang-orang pragmatis bisa mengatur arah sejarah dengan kapasitas dan kerja konkretnya.

***

Buat saya sendiri, ini peringatan untuk banyak hal. Salah satunya,
HARUS SERIUS NGERJAIN SEMUA HAL!! TONG ASA-ASA!!
Kalo ngga, alamat bakal cuma jadi 'bumbu' bahkan 'sampah' sejarah..

Wavin' Flag

(by K'Naan)

When i get older, they’ll call me freedom
Just like a Waving Flag.

[Chorus]
When I get older, I will be stronger,
They’ll call me freedom, just like a Waving Flag,
And then it goes back, and then it goes back,
And then it goes back

Born to a throne, stronger than Rome
but Violent prone, poor people zone,
But it’s my home, all I have known,
Where I got grown, streets we would roam.
But out of the darkness, I came the farthest,
Among the hardest survival.
Learn from these streets, it can be bleak,
Except no defeat, surrender retreat,

So we struggling, fighting to eat and
We wondering when we’ll be free,
So we patiently wait, for that fateful day,
It’s not far away, so for now we say

[Chorus]

So many wars, settling scores,
Bringing us promises, leaving us poor,
I heard them say, love is the way,
Love is the answer, that’s what they say,
But look how they treat us, Make us believers,
We fight their battles, then they deceive us,
Try to control us, they couldn’t hold us,
Cause we just move forward like Buffalo Soldiers.

But we struggling, fighting to eat,
And we wondering, when we’ll be free
So we patiently wait, for that faithful day,
It’s not far away, but for now we say,

[Chorus] 2x

(Ohhhh Ohhhh Ohhhhh Ohhhh)
And everybody will be singing it
(Ohhhh Ohhhh Ohhhhh Ohhhh)
And you and I will be singing it
(Ohhhh Ohhhh Ohhhhh Ohhhh)
And we all will be singing it
(Ohhh Ohh Ohh Ohh)

[Chorus] 2x

When I get older, when I get older
I will be stronger, just like a Waving Flag,
Just like a Waving Flag, just like a Waving flag
Flag, flag, Just like a Waving Flag

Lagu Kesepian

(by Efek Rumah Kaca)

ku tak melihat
kau membawa terang yang kau janjikan
kau bawa bara
berserak di halaman hingga kekeringan

oh dimana terang yang kau janjikan
aku kesepian
dimana tenang yang kau janjikan
aku kesepian
dimana menang yang kau janjikan
aku kesepian
sepi..

ku tak melihat
kau membawa tenang yang kau janjikan
kau bawa debu
bertebar di beranda berair mata

download lagunya disini

Kamis, 20 Mei 2010

Maaf, Saya Rasional

Hidup di tengah manusia buat saya perlu kekuatan rasionalisme yang kuat.

Manusia bisa dengan sangat gampangnya ngasih pujian dan juga bisa dengan sangat gampangnya ngkritik bahkan 'mencela'.

Semua pujian, kritik & celaan itu dateng silih berganti dalam hidup jadi warna-warni yang bisa ngasih kesan mendalam di hati setiap orang, tapi ngga berlaku buat saya.

Yang saya tau,
kehidupan akan terus berjalan bersama waktu sedangkan tuntutan-tuntutan hidup akan terus saya hadapi dan saya hidup untuk beramal shalih sebaik-baiknya, sebanyak-banyaknya.

Setiap pujian, kritik, & celaan itu akan saya tangkap inti sarinya, ambil yang positif/bisa bermanfaat, sedangkan sisanya bukan urusan saya lagi.

Saya ga punya waktu untuk terlalu banyak mikirin kata2 orang yang ga ada manfaatnya buat saya, sekalipun itu berupa pujian, kritikan, atau celaan yang ditujuin untuk saya.


Yang saya tau, hidup saya adalah apa yang saya hadapi dan bagaimana saya ngejalanin hari ini, detik ini..

Itu aja.. Bener2 cuma sesimpel itu..

Rabu, 19 Mei 2010

Better Days

(by Goo Goo Dolls)

And you asked me what I want this year
and I try to make this kind and clear
just a chance that maybe we'll find better days
'cause I don't need boxes wrapped in strings
and designer love and empty things
just a chance that maybe we'll find better days

So take these words and sing out loud
'cause everyone is forgiven now
'cause tonight's the night the world begins again

I need some place simple where we could live
and something only you can give
and that's faith and trust and peace while we're alive
and the one poor child who saved this world
and there's ten million more who probably could
if we all just stopped and said a prayer for them

So take these words and sing out loud
'cause everyone is forgiven now
'cause tonight's the night the world begins again

I wish everyone was loved tonight
and somehow stop this endless fight
just a chance that maybe we'll find better days

So take these words and sing out loud
'cause everyone is forgiven now
'cause tonight's the night the world begins again

'cause tonight's the night the world begins again

download lagunya disini

*belum & ga akan keabisan akal untuk terus ngembangin angkatan,
gitu juga amanah-amanah lainnya..
-elaborasi 2008 prestatif-


Minggu, 16 Mei 2010

Di Ujung Taun Kedua


gambar di atas mungkin terjadi tiap MDE FK Unpad.
tapi usaha maksimal insya Allah ga akan pernah sia-sia..

kalo Allah ngasih nilai bagus "Alhamdulillah"..
kalo ngga juga "Alhamdulillah"..

smoga minimal ilmunya ngerti dan pasien2 saya di masa depan bisa sembuh ^^

PDW 2010

ya Allah,
klo saya ikut PDW itu baik buat saya, buat bangsa saya, buat agama saya, permudahlah..

tapi klo saya ga ikut PDW itu lebih baik buat saya, buat bangsa saya, buat agama saya, jauhkanlah..

Engkau Maha Tahu & Maha Kuasa atas segala sesuatu..

*istikharah mode: on







Sabtu, 15 Mei 2010

Mengurai Cinta

Begitulah cinta ketika ia terurai jadi laku.
Ukuran integritas cinta adalah ketika ia bersemi dalam hati, terkembang dalam kata, terurai dalam laku.

Kalau hanya berhenti dalam hati, itu cinta yang lemah dan tidak berdaya.
Kalau hanya berhenti dalam kata, itu cinta yang disertai kepalsuan dan tidak nyata.

Kalau cinta sudah terurai jadi laku, cinta itu sempurna seperti pohon;
akarnya terhujam dalam hati, batangnya tegak dalam kata, buahnya menjumbai dalam laku.

Persis seperti iman, terpatri dalam hati, terucap dalam lisan, dan dibuktikan oleh amal.

(Kata Terurai Jadi Laku - Anis Matta)

Saya masih inget kejadian skitar setahun lalu. Salah seorang sahabat saya, yg dalam suatu hubungan struktur keorganisasian posisinya di bawah saya, minta diganti dari posisinya. Kurang lebih, ini yang dia bilang waktu itu:
“tan, saya ngerasa ga optimal di amanah ini dalam 1 semester terakhir. Saya bukannya ga peduli. Saya ga bermaksud menelantarkan amanah ini. Saya cinta sama temen2, tapi saya ga bisa. Saya ga bisa ngejalaninnya dengan baik”.

Akhirnya, saya “merelakan” sahabat saya ini. Ya, boleh dibilang saya “merelakan” karena saya lebih suka dia bertahan dalam posisinya. Tapi yang terpenting, waktu itu saya merefleksikan kalimat itu ke diri saya sendiri beberapa lama.
(Maklum, saya manusia introvert. Di antara 8 kecerdasan versi howard gardner atau mypersonality.info pun kecerdasan yang paling menonjol dari diri saya adalah kecerdasan intrapersonal)

Setelah merefleksikan perkataannya ke dalam diri saya pun, saya merasa seolah perkataan itu juga bermakna “mestinya kamu juga mundur, tan”. Sampe sekarang, perasaan berat saat cinta ga sanggup diterjemahin jadi perbuatan itu masih tertanam di benak saya.

Saya rasa, masih sangat besar gap antara perasaan/hasrat saya untuk berbuat sesuatu untuk orang2 yang saya cintai dan apa yang bener2 udah saya kerjain. Tapi mungkin ada benernya apa kata orang, “kita menilai diri kita dari apa yang mau kita kerjain, orang lain menilai kita dari apa yg udah kita kerjain”.

Rasa cinta itu, ga cukup ada di dalam hati. Ga cukup sekedar mau. Ga cukup omong doang. Kalo kata temen2 fk unpad 2008: “SPIK” (baca: SPEAK alias ngemeng alias bacot).
Semoga kemampuan eksekusi saya terus membaik..

Karena Kita Mau Beramal

"jangan saya dong yg jadi ketua.. nanti gagal acaranya. nanti kacau timnya".

"saya belum siap jadi mentor, kang. shalat shubuh aja masih suka telat".

simpel aja,
kita hidup untuk beramal shaleh dan kita ga dpt toleransi dari Allah utk ga beramal krna kekurangan yg sbnernya bs kita prbaiki.. (ya kan?)
jadi,
jangan jadiin kekurangan kita sbg alasan untuk ga beramal, tapi jadiin keinginan kita untuk beramal sbg alasan untuk memperbaiki kekurangan kita

Rabu, 12 Mei 2010

Flu Burung

waktu itu di perjalanan pulang dari FIM. sambil jalan kaki, ngobrol2 dikit..

anak ITB : tanri, obat flu burung udh ketemu ya?
saya :... ga tau
ITB : klo flu babi udh ada?
saya : ga tau juga
ITB : eh, kamu anak FK kan?
saya : ?? iya..
ITB : ..??

saya jalan terus. kayaknya orang lain ngeliatnya saya lempeng. tapi bagi saya, hikmahnya dalem..