Selasa, 30 November 2010

mohon doanya..

ada lomba nulis "kisahku di 2010". saya langsung tertarik untuk ikutan.
mohon doanya supaya Allah kasih kekuatan semangat untuk JADI ikutan, kelancaran, kemenangan ^^, & keberkahan..

sementara ini yg kepikiran bakal cerita ttg PDW. cerita ttg apa ya yg paling seru di 2010? *mikir2..

Never Say Never

(by JB feat. Jaden Smith)

Never say never (never never never)

You see I never thought that I could walk through fire
I never thought that I could take a burn
I never had the strength to take it higher
Until I reached the point of no return

And there's just no turnin back
When your heart's under attack
Gonna give everything I have
It's my destiny

I will never say never (I will fight)
I will fight till forever (make it right)
Whenever you knock me down
I will not stay on the ground
Pick it up, pick it up
Pick it up, pick it up (up up up...)
And never say never (ne-never say never x3)

I never thought that I could feel this power
I never thought that I could feel this free
I'm strong enough to climb the highest tower
And I'm fast enough to run across the sea

Cuz there's just no turnin back
When your heart's under attack
Gonna give everything I have
Cuz this is my destiny

I will never say never (I will fight)
I will fight till forever (make it right)
Whenever you knock me down
I will not stay on the ground
Pick it up, pick it up
Pick it up, pick it up (up up up...)
And never say never

Here we go
Guess who
J Smith and JB
uh huh
I got you lil' bro
I can handle him
Hold up, aight, I can handle him
Now he's bigger than me, taller than me
And he's older than me, and stronger than me
And his arms are little bit longer than me
But it ain't on a JB song with me
I be tryna chill
They be tryna side with the thrill
No pun intended was raised by the power of will
Like Luke with the force if push comes to shove
Like Kobe with the fourth, ice water with blood (Let's go!)
I gotta be the best
And yes we're the flyest
Like David and Goliath
I conquered the giant
So now I got the world in my hand
I was born from two stars
So the moon's where I land

Yeah
I will never say never (I will fight)
I will fight till forever (make it right)
Whenever you knock me down
I will not stay on the ground
Pick it up, pick it up
Pick it up, pick it up (up up up...)
And never say never

Never say never

I will never say never (never say never)
I will fight till forever (make it right)
Whenever you knock me down
I will not stay on the ground
Pick it up, pick it up
Pick it up, pick it up (up up up...)
And never say never (ne-never say never, never say it x3)
And never say never (ne-never say never x3)
And never say never

*barusan hakam bilang ada lagu JB yg bagus
jelas yg pertama saya tanya, "bagus lagunya/liriknya?"
dia bilang, "dua2nya".
saya coba baca & denger..
okelah. lumayan ^^

Senin, 29 November 2010

cuma pengen kamu senyum #1: Wenger

Sambil nunggu badan ga keringetan lagi abis futsal barusan, saya baca2 Goal.com dan dapet artikel ini. Artikel tentang manajer Arsenal, Arsene Wenger. Saya buang bagian2 yg saya rasa ga perlu.
***
Wenger: Semua Ini Demi Kalian, Arsenal!

"Saya menilai mereka lapar dengan kemenangan dan mereka itu ingin menang, karena saya hanya ingin memberikan kemenangan kepada tim ini semaksimal mungkin," sambung Wenger.

Bagi
The Professor, demikian julukannya, prioritas karirnya mutlak hanya untuk klub, dan tak mengincar catatan atau pencapaian berharga bagi dirinya sendiri.

"
Saya tidak terbuai dengan reputasi saya. Apa yang penting bagi saya adalah Arsenal FC bisa melebihi reputasi saya dan saya ingin orang-orang yang cinta terhadap Arsenal turut berbahagia."

"
Saya berusaha membahagiakan mereka dan hanya itulah yang saya inginkan. Tentu saja saya pun punya harga diri, saya ingin meraih sesuatu sebisa mungkin dan menularkan yang terbaik dari apa yang saya miliki. Saya tak akan pernah mengubah hal-hal terdepan tersebut."

"Saya merasa sejak awal musim ini, bersama kami adalah tim terkuat dan terkuat di setiap pertandingan dan memiliki semangat juang tinggi."

"Rasanya
tak ada alasan kami tak bisa berkembang, tugas kami adalah esok meraih hasil lebih baik daripada hari ini dan itulah yang harus kami gapai," pungkas Wenger.

***
Ada beberapa hal yang emang saya kagumi sama idealisme & pilihan jalan Arsene Wenger. Saya berusaha nerapin itu dalam hidup saya (tentunya termasuk selama di FK). Arsene Wenger dikenal setia jadi manajer Arsenal dari tahun 1996. Di Arsenal, dia dikenal terlalu ngandalin pemain muda & non-superstar, akibatnya prestasi dia & timnya juga ga terlalu mencolok. Tapi, sisi positifnya adalah kejeniusan dia dalam membina pemain2 muda terbukti. Dia juga dikenal bisa bikin pemain ga terkenal jadi bintang & pemain gagal jadi bangkit dan sukses.

Minggu, 28 November 2010

Renungan Sore

(by Suara Persaudaraan)

Mentari beranjak ke peraduan
Siang berganti malam menjelang
Kulihat burung terbang melayang
Pohon-pohonan tenang dan riang

Seakan bertasbih atas kekuasaan
Dan keagungan Alloh Ar-Rahman

Ya Alloh ku pun dzikir pada-Mu
Agar Kau dekatkan hatiku pada-Mu
Ya Alloh limpahkanlah kurnia-Mu
Agar ku rasakan cinta-Mu

Alloh soreku ini atas fitrah islam
Atas agama Nabi Muhammad
Dan atas milah Nabi Ibrahim yang hanif
Ya Alloh selamatkanlah hadirku

Alloh di sore ini kuhitung amalku
yang telah kulakukan hari ini
Terimalah kebajikanku ampunkan resahku
Ya Alloh kabulkanlah do’aku

Ya Alloh selamatkanlah hadirku
Ya Alloh kabulkanlah do’aku

*nasyid jaman taun 90an yg sy kenal wkt SMP.
sore2 gini enak dengerin nasyid kaya gini :)
download lagunya disini

Jumat, 26 November 2010

Mourinho #1

saya "ga tahan" baca artikel ini di Goal.com. Orang ini semacem.. apa ya? Gila! Dia diakui banyak orang sebagai manajer sepakbola yang jenius. Bahkan mungkin paling jenius. Dia salah satu manajer terbaik dunia saat ini. Yang jadi catatan, dia sombong & keras kepalanya "to the max".

***

Mourinho: Syukurlah, Tuhan Menjadikan Saya "Sombong"

Jose Mourinho bersyukur dan menikmati dirinya yang selalu berbesar kepala. Tapi di balik semua itu tersirat makna.

Sikap arogan nan congkak yang kerap diperlihatkan Jose Mourinho memang selalu menimbulkan sebuah kontroversi tersendiri di ranah sepakbola dunia. Menyadari dirinya demikian, juru taktik Real Madrid ini justru bersyukur kepada tuhan atas apa yang diberikan hingga dirinya memiliki pribadi yang tak kenal kesahajaan.

"Saya bersyukur kepada tuhan, karena tidak diberikan kerendahan hati. Apa pasal? Karena hal itu tidak akan membantu kualitas hidup Anda," jelas Mourinho seperti dilansir Tribalfootball. Namun, di balik pernyataan Mourinho tersebut, tersampaikan nilai kehidupan yang menjurus ke arah pribadi yang bersikap kukuh.

"Saya tinggal dan bekerja di dunia di mana Anda tidak dapat memaparkan pemikiran Anda, karena Anda tak akan pernah bisa mengatakan yang sebenarnya. Namun saya tak ingin menjadi orang yang munafik, tidak juga menjadi seorang diplomat."

"Hal terburuk dalam hidup adalah jika Anda sudah berpikir untuk membandingkan diri Anda dengan orang lain, sadarlah sebab Anda akan selalu kalah dalam perbandingan."

"Saya sangat menyadari kemampuan saya karena itu penting. Dan saya sangat suka bekerja dengan orang yang sepaham dengan pemikiran saya ini."
"Karena dengan begitu [tak membandingkan diri dengan orang lain] maka kami akan sama-sama tangguh. Dan dengan begitu pula maka Kami percaya kami punya kualitas terbaik yang tak seorangpun bisa mengalahkan kami. Itulah filosofi saya," pungkas Mourinho.

***
Orang ini bener banget. Yang dia omongin bener. Jenius. Tapi dia sombong parah.
Orang ini bener2 kaya Dokter HOUSE. Ngingetin saya sama tulisan saya yang ini.


Ya Allah, jadikan kami orang2 yang jenius dan berkualitas.
Tapi jauhkan kami dari sikap takabbur & ujub, ya Allah..


Selasa, 23 November 2010

akhir yang sempurna #2

mungkin (& semoga) berorganisasi & sisi kehidupan yang lain juga gitu.

di akhir kepengurusan ini, rasanya belum ngapa2in.
di akhir periode amanah kadep ini, rasanya lebih banyak mendzhalimi daripada mengembangkan.
di akhir2 masa PPSK ini, rasanya belum banyak peningkatan & kemajuan berarti di angkatan.
di akhir masa PPSK ini juga, IPK masih jauh dari "membanggakan orang tua".

tinggal berharap akhir yang sempurna.
itu aja. cukup itu aja.

Senin, 22 November 2010

akhir yang sempurna

".. ada seorang di antara kalian yang beramal dengan amalan penghuni surga hingga jarak antara dia dengan surga hanya sehasta. Lalu suratan takdir mendahuluinya, sehingga ia beramal dengan amalan ahli neraka, maka ia pun masuk neraka.

Ada juga dia antara kalian yang beramal dengan amalan penghuni neraka hingga jarak antara dia dan neraka hanya sehasta. Lalu suratan takdir mendahuluinya, sehingga ia beramal dengan amalan ahli surga maka ia pun masuk surga".
(HR. Bukhari-Muslim)

Yg paling nentuin nasib kita di akhirat adalah kondisi kita di akhir, bukan di awal atau di tengah2, jadi..
1. Jgn prnah ngerasa shaleh & jd ahli surga. Kalopun kita skrg msh dlm keadaan sibuk beramal shaleh, bs jd d akhir usia kita termasuk tipe prtama pd hadits d atas.
2. Jgn pernah juga putus asa dari rahmat Allah. Jgn putus asa u/ dpt surga Allah. Klo skrg kita taubat & istiqamah, insya Allah dapet.
2. Makanya kita harus terus istiqamah ngejaga diri kita dlm keadaan beramal shaleh.
3. Kalopun terus2an beramal shaleh, amal shaleh kita blm tentu diterima. Ada faktor niat di sana. Jadi, kita harus hati2 dari niat yg menyimpang.
4. Jgn pernah ngecap org lain ahli surga atau ahli neraka. Semua bisa berubah. Bisa jadi org yg skrg keliatan suka maksiat, malah masuk surga sedangkan yg skrg keliatan shaleh malah masuk neraka.

Begitulah.

Walaupun..
Sepanjang hidup kita ga ada yang ga penting.
Seluruh usia kita penting untuk diisi amal shaleh.
Tapi tetep..
Yang terpenting adalah akhirnya.
Ya..
Yang terpenting adalah akhirnya.

Allahumma hawwin 'alaynaa fii sakaratil mauut
Ya Allah, ringankan kami saat sakaratul maut
Allahummaj'al khaira 'umrii aakhirahu wa khaira 'amalii khawaatimahu wa khaira ayyaamii yauma alqaaka fiih
Ya Allah, jadikan umur terbaikku di penghujungnya, dan amal terbaikku di penutupnya, jadikan hari-hari terbaikku saat bertemu denganMu
Allahumma nas-aluka husnul khaatimah, wa nas-alukal jannah, wa na'uudzubika min sakhatika wannaar
Ya Allah, kami memohon padaMu husnul khatimah, dan kami memohon padaMu surga, dan kami berlindung padaMu dari kemurkaanMu dan api neraka

Minggu, 21 November 2010

yang lembut hatinya

hari minggu yang lalu, saya janji untuk nganter adik saya pulang ke asramanya di Lembang. waktu itu Ayah-Ibu emang lagi di Serang, jadi pilihannya antara dia naek kendaraan umum atau saya anter. karena hari Sabtunya saya juga udah janji bisa nganterin ya sud, berangkatlah..

siang sampe sore saya ada agenda di Jatinangor, sedangkan malemnya jadwal saya liqa jadi saya milih brgkt sore dari Jatinangor ke rumah Eyang di Bandung, ngejemput adik saya dan setelah Maghrib baru berangkat ke Lembang.

sebenernya biasa aja, tp eyang rada khawatir karena jalan ke Lembang katanya gelap, sepi, bahaya, gitu2 pokoknya.. sy pikir biasa aja jadi ya udah berangkat aja.

sampai, akhirnya pas nyampe jalan di antara Ledeng ke Lembang, adik saya tiba2 bilang, "mas, balik lagi aja.." (lah? udh nyampe sini kok ngajak balik lagi *saya pikir). dan ya, sepanjang perjalanan dia minta balik lagi aja ga usah diterusin perjalanannya. dia ngerasa ngebebanin saya. dia khawatir pas pulang saya kenapa2. jalannya sepi, gelap, naek turun, gitu2 lah.. dia sampe mohon2, "mas, tolongin Ai mas.. Ai ga enak niih". akhirnya sepanjang perjalanan sambil nerusin perjalanan saya berusaha ngeyakinin adik saya kalo ga bakal apa2. alhamdulillah emang ga apa2 walopun jalannya (terutama pas pulang lewat Dago bengkok) emang gelap, sepi, dll.

makin lama dia meluk saya dari belakang dan tiba2 kedengeran suara menggugu. adik saya nangis. sambil nangis dia terus minta saya ga usah nerusin perjalanan. waktu udah nyampe Maribaya juga masih nangis aja. ditambah emang bensin saya udah sekarat, dia makin punya alesan untuk balik lagi. padahal menurut saya itu udah deket.

akhirnya nemu tukang bensin oplosan di Desa Cibodas, saya pun ngisi bensin dan akhirnya dia mulai rada tenang. akhirnya sampe juga di Nurul Fikri Boarding School tempat dia sekolah.

hahaha.. Muhammad Fakhri Rasyad ini emang sensitif hatinya. mungkin bungsu kali ya? perasaan, anak bungsu banyak yang kaya gini. mungkin dia yg paling mellow di keluarga. beda jauh sama saya yg paling dingin di keluarga.

yaah, saya emang masih kalah jauh darinya masalah kelembutan hati & kecintaan pd keluarga.



skrg dia udh SMA, udh gede.. tingginya aja hampir sama kaya saya
*tp tetep aja lembut hatinya

dipikir2, adik bungsu saya ini udh gede, berarti org tua sy udah gapunya anak kecil.

seiring ilangnya kemanjaan anak2, bs jd mulai muncul "kemanjaan" org tua.
berarti sy harus lbh perhatian lg sama ayah-ibu

"Paling dekat dengan aku kedudukannya pada hari kiamat adalah orang yang paling baik akhlaknya dan sebaik-baik kamu ialah yang paling baik terhadap keluarganya". (HR. Ar-Ridha)

semoga bs jd sebaik2 hamba Allah dgn melembutkan hati & mencintai keluarga

si abang

eh, pernah ngerasa pengen ketemu seseorang yg udah lama ga kita temuin, trus tau2 dia dateng & muncul di depan kita?

wah, saya baru ngalamin itu jumat minggu kemaren. dari jumat malem sampe sabtu sore saya lagi ada acara di Lembang dan waktu itu saya lagi agak banyak pikiran, jenuh, & puncaknya futur.. klasik. saya jenuh tapi ga bisa berenti ato rehat sebentar karena tuntutan2 amanah saling crossfading bermunculan. di saat kaya gitu, saya tiba2 kepikiran sama saudara2 seperjuangan saya di SMA yg skrg kayaknya terus berkembang progresif di tempatnya masing2. saya ngerasa pengen ketemu mereka untuk ngecharge lagi semangat hidup.
nah, pas di Lembang itu tiba2 Reza Asriandi Ekaputra (partner terbaik seumur hidup saya) alias si abang muncul. dia tiba2 dateng kesana malem2.. ga sengaja dia ketemu kang kyan di salman pas lagi ada mabit di sana, trus akhirnya kang kyan ngajak dia ke Lembang. maasyaa Allah..


klo Rasulullah punya Abu Bakar, Holmes punya Watson, House punya Wilson, Tsubasa punya Misaki.. nah, saya punya si Abang Reza Asriandi :D
maksud sy jelas bukan ngebandingin sy kaya Rasulullah & si Abang kaya Abu Bakar. jauhh.. ^^
bukan berarti juga saya pemeran utamanya & si abang pemeran pendukung.. bukan.

pokoknya, perjuangan bareng2 selama di DKM Al Furqan bener2 ngebangun kerjasama yang luar biasa indah prosesnya & perlu disyukuri hasilnya.. mungkin karena sy adalah orang acak-abstrak sedangkan si abang teratur-abstrak makanya bisa klop pisan. di kampus, kayaknya saya blm ketemu partner kerjasama berorganisasi yang kaya si abang..


smoga si abang & ikhwan-akhawat furqaners08 lainnya
istiqamah di jalan Allah & kita bisa reuni lagi di surgaNya

*btw, ternyata dia baru aja berhasil nolak jadi ketua Majelis Ta'lim Salman
hehe, dari dulu kita tetep pegng prinsip yg sama bang: cuma mau sibuk sama apa yg menurut kita esensial
"bermanfaat tapi ga terlalu strategis" = "silakan yang lain" ^^

Jumat, 19 November 2010

keduluan

entah waktu SD ato SMP sy pernah baca cerita ttg Isaac Newton yg katanya pernah agak ribut sama salah seorang ilmuwan senior. penyebabnya, ilmuwan senior itu ngerasa suatu penemuan yang Newton patenin sebetulnya udah dia temuin duluan tapi belum dipatenin. singkat cerita, Newton yang diakui dan sampe sekarang dia yang dihormati atas semua penemuannya.

mungkin si ilmuwan itu bete ya? kita juga kadang2 pengen nyampein sesuatu tapi ternyata keduluan sama orang lain rasanya bisa biasa aja tapi kadang juga bisa bikin bete..

nah, jujur aja saya sering bete klo udh urusan tulis-menulis di blog. saya org yg kayaknya kebanyakan rencana & ide nulis tapi ga jadi2.. tau2 ada temen deket yg nulis sesuatu yg mirip sama ide saya akhirnya mau nulis juga jadi ragu2 karena kayak yang "tuturut"..

yang pasti, yg kaya gitu emang salah sendiri & harus diperbaiki..

Senin, 15 November 2010

Allah..

Allah Penguasa Alam Semesta,
bersama kelemahan diri kami menyadari bahwa perjuangan kami takkan pernah berhasil tanpa seizinMu,
dan hanya akan sia-sia tanpa ridhaMu..

kerja-kerja kecil ini hanyalah dalam rangka memenuhi perintahMu,
sekedar ingin menjadi sebaik-baik hambaMu,
atau kalaupun itu masih terlalu,
sungguh kami hanya tak ingin mendapat murkaMu..

oleh karena itu, Allah..

apapun hasilnya..
bagaimanapun prosesnya..
baik-buruknya, benar-salahnya, tepat-kelirunya..

jangan pernah pergi dari kami, Allah..

tetapkanlah hati kami di jalanMu..
tetaplah bersamai kami,
hingga malaikatMu datang menutup lembar hidup kami..
dan ketetapanMu mengakhiri segala ujian ini

sungguh kami benar-benar memohonkan itu..

Senin, 01 November 2010

biasa

akhirnya kita sampai lagi di hari-hari dimana kegalauan-yang-wajar-dengan-segala-bentuknya merebak di banyak orang :)

sayangnya saya ga berhak untuk manggil semua yang galau terus ngasih penjelasan yang bisa ngebantu kegalauan2 itu ilang di setiap orang. kalopun berhak, penjelasan untuk yang kaya gini ga bisa masif, dan saya ga punya waktu untuk berdialog panjang lebar sama semuanya satu per satu.

beruntunglah orang2 yang ga galau karena udah biasa.
dan sangat jauh lebih beruntung yang ga galau karena udah paham.
mereka harus sujud syukur.

pemahaman emang bikin hidup ini indah :)

Senin, 25 Oktober 2010

screening

jumat malem, saya baru ditawarin masuk tim perumus fit & proper test screening calon ketua Senat Mahasiswa FK Unpad. jadi inget waktu dulu saya sempet ikut (sebentar) screening calon Ketua OSIS SMA 3. motivasi awal maju (insya Allah) karena niat baik, tapi akhirnya mundur juga (insya Allah) karena niat baik. intinya, dulu saya mikir ada prioritas strategis yang harus diatur.


dulu kakak kelas saya penjabat ketua MPK yang ngedorong2 saya untuk maju. walaupun dia yang jadi penanggung jawab screeningnya, tapi dia ga khawatir nantinya subjektif. waktu saya mutusin mundur secara sepihak tanpa ngobrol2 sama dia, saya sempet jadi ga enak karena dia keliatan kecewa.

setelah ngajuin surat pengunduran diri, saya kira semua urusan udah selesai. ternyata, saya tetep harus dateng sidang screening. kalo calon lain dateng untuk dites dll, saya dateng untuk penegasan mundur dan "pamitan".

tapi karena waktu itu saya dikasih taunya ngedadak sedangkan sekolah lagi libur dan saya udah di sekolah, akhirnya saya dengan "ga sopan"-nya dateng sidang screening calon ketua OSIS SMA 3 dengan kaos dan sendal jepit :D

yah, lumayan berkesan :)

Sabtu, 23 Oktober 2010

beurat..

"kata dr. Fathul, kita ga mungkin bisa ngasih banyak ke orang lain kalo kebutuhan diri sendiri aja belum terpenuhi. jangan sampai sibuk di kemahasiswaan, tapi kapasitas ilmiah kedokterannya terabaikan ya. ngerjain LI harus jadi LI terbaik, di tutorial kita fokus. apalagi menyangkut kebutuhan teman2 setutor juga. jangan lupa belajar ya, tapi jangan sampe juga saking asyiknya belajar, lupa sama temen2 lain yang kepayahan ngerjain amanahnya. ayo belajar tawazun!"

***

tiba2 ada sms gitu.
walaupun saya yakin sms itu bukan cuma buat saya,
tapi tetep aja saya yakin itu untuk orang2 kaya saya.
di kepala yg ngirim pasti ada saya
(seolah "GR", tapi lebih tepatnya "rumasa" -_-)

walaupun ga sepenuhnya kata2 dr. Fathul sesuai sama realita,
tapi idealnya emang kaya gitu. yang gini yang "beurat"

Ust. Lutfi Hasan Ishaq pernah bilang (ga persis, tapi kurang lebih gini),
"dunia politik kemahasiswaan itu ada terutama bukan untuk ngontrol pemerintah, tapi untuk jadi panggung bagi mahasiswa2 yang terbina. setelah memiliki integritas akademik & non-akademik (karakter dsbg.), maka mereka harus muncul menjadi figur di tengah mahasiswa lainnya agar menjadi role model dan mereka dilatih untuk memobilisasi massa. menggerakkan mahasiswa lainnya untuk mau berubah".

berat kan?
makanya klo lagi ngobrol2 sama yasir-radit-hakam,
alesan paling gampang buat saya nolak jadi ketua AsySyifaa',
"karena bertahun2 ketua AsySyifaa selalu cum laude" :)

untuk saat ini, mestinya orang kaya saya emang cuma bantu2 aja di kemahasiswaan.
mereka yg prestasi akademik & non-akademiknya bagus yang mimpin.

tapi ujung2nya, klo diamanahin & siap mental,
"hajar aja lah, anggap aja jodoh"
sambil benerin diri sendiri, berkontribusi semampunya untuk ummat

*agak sedikit khawatir tulisan ini disalahpahami

Rabu, 20 Oktober 2010

leadership training by doing

inget masa2 waktu jadi Ketua LKS



lebih banyak belajar ttg kepemimpinan daripada waktu jadi peserta



belajar mimpin dengan berhadapan langsung sama masalah



masa2 pembelajaran yang sangat indah, tapi ga perlu saya ulang di kampus ini



lebih tepatnya, ga boleh saya ulang..

Minggu, 10 Oktober 2010

menjaga hati

waktu SMA, pernah suatu kali kakak saya ngingetin saya.
"Tanri jangan terlalu dingin ya sama akhawat," katanya.
"kenapa?" kata saya. "kan lebih baik gitu supaya ngejaga diri masing2".
"mungkin Tanri maksudnya gitu, tapi ada juga akhawat yang malah jadi kagum atau semacamnya karena Tanri yang terlalu cool".

waktu kuliah, kakak saya berkali2 ngingetin.
"Tanri jangan terlalu cair ya sama akhawat".
"nggak kok, Tanri sikap ke semuanya sama aja. merata.."
"iya, tapi kadang ada yang bisa salah paham karena sikap Tanri ke dia".

agak ribet emang. ya, ini agak ribet. tapi saya ngerti betul maksud baik kakak saya. beberapa minggu yg lalu dia cerita..

"dulu, seorang akhawat dan seorang ikhwan deket banget sampe2 si akhawat suka sama si ikhwan dan berharap si ikhwan segera ngelamar untuk nikahin dia. tapi waktu ditanya kapan, ikhwannya bilang kalau selama ini dia cuma berusaha bersikap baik aja tanpa maksud terlalu jauh sampai mau nikah. sejak itu psikis si akhawat jadi agak keganggu".

saya mulai (berusaha) ngerti.

biarlah orang lain berpikiran kaya lirik lagu "aku adalah lelaki yang selalu ingin dipuja wanita".
tapi saya, cuma mau menjaga perasaan saya dan semua orang di sekitar saya. mungkin ga banyak bahkan ga ada akhawat yang akan bersikap kaya cerita di atas ke saya. tapi kalo ada satu aja yg kaya gitu, ternyata bisa jadi masalah.
biarlah perasaan yang sangat agung itu Allah karuniakan setelah emang jelas dan sah. setelah rasa itu jadi berkah bahkan ibadah..

biarkan aku menjaga perasaan ini..
menjaga segenap cinta yang telah Kau beri..

Berjodoh


waktu itu, rasa cinta saya pada angkatan 2008 tumbuh gitu aja. saya pun tanpa banyak mikir, bilang siap klo dipilih jadi ketua angkatan dan ternyata takdir sejalan. akhirnya, saya dan keluarga angkatan FK Unpad 2008 pun berjodoh.

di pembinaan juga gitu. atas dasar cinta pada pembinaan kampus, saya bilang insya Allah siap. ternyata Allah juga menakdirkan. maka jadilah saya dan pembinaan Asy-Syifaa berjodoh.

masalah fasil LKMM Nas lain lagi. saya bersiap tapi ternyata ga Allah takdirin.
jadilah saya ga berjodoh dengan amanah fasil LKMM Nas.

tugas kita semua cuma bersiap untuk MAMPU mengemban amanah dalam menghidupi yang kita cintai.
selanjutnya, kalau berjodoh, kesiapan dan takdir akan mempertemukan kita..

lupakan

tragedi itu terjadi hampir setahun lalu. walau sedikit, tiba2 kenangan buruk itu kebahas lagi..

ga ada yang lebih buruk daripada tertuduh untuk suatu kesalahan yg ga kita buat. dulu, sempet saya coba lurusin. tapi dari persepsi hari ini, kayaknya ga berubah.

sayangnya, ga semua hal bisa dijelasin. sampe kapanpun, kayaknya emang cuma segelintir orang (skitar ga lebih dari 10 org) yg tau semua kenyataannya secara utuh.

untungnya, emang ga semua hal harus dijelasin.
seperti halnya, ga semua masalah harus diselesai-in. ga semua kesalahpahaman harus dlilurusin.

kadang, biarlah waktu ngehapus ingatan kita semua ttg sebuah tragedi.
atau kalaulah akan jadi catatan hitam ttg diri kita di mata org lain, biar Allah aja yang tau apa yg sesungguhnya. karena kita dihisab oleh-Nya, bukan manusia.

hidup ini indah selama kita ga selalu pengen terlihat baik di depan orang lain^^

jadi ngerasa konyol karena sempet menggalau-mellow karena kejadian yang udah berlalu lama.
bismillah, looking forward :)

di atas motor

"teh, knp banyak yg bilang kita mirip ya?" kata saya ke kakak saya.

"emang mirip tau. kita kan dari kecil sering bareng2 terus jadi kita banyak berkembang bareng2. banyak hal yang sama yang tumbuh dari diri kita", jawab si teteww.

"tapi ada yg beda lho teh. orang2 banyak yang dengan cepet langsung respek sama teteh begitu kenal, soalnya teteh itu punya track record & riwayat hidup yg luar biasa. bisa dibilang berprestasi.. sedangkan tanri ngga. rata2 orang baru agak respek sama tanri klo udah kenal agak lama atau tanri mulai banyak show up. soalnya tanri kan ga berprestasi. hidup tanri biasa2 aja".

"soalnya Tanri ga pernah 100% klo ngerjain sesuatu.
menurut teteh, itu penyebabnya.."
di atas motor.
udah berbulan2 bahkan mungkin bertahun2 yang lalu,
tapi masih terngiang2 selalu

Sabtu, 02 Oktober 2010

mereka yg hebat2

sesuai harapan, temen2 seperjuangan saya sekarang udah makin keren2.. yg ga sesuai harapan, saya malah ga berkembang dan makin jauh ketinggalan di belakang.. pertanyaannya, gimana caranya supaya saya bisa berkembang dan mulai dikit2 ngejar mereka?

(tadinya mau masang foto orang2 yg bikin saya sirik, tapi ga jadi soalnya banyak cewe2/akhawat2nya juga, jadi ga enak)

Kamis, 26 Agustus 2010

experiental learning #2

ada temen sy yg nulis ttg kejadian ini d blognya. sy repost sebagian potongannya disini.

***

entah kenapa . semenjak bukabareng OSISPK smantigabandung kemarin, kata-kata dislokasi tulang, pulse,nadi dan kata kata kedokteran laiinya menjadi sangat populer di otak saya . iya ini akibat insiden kecil yg menimpa teman kita pilar . aduh kalo diceritain konyolnya gak ketulungan sih . haha jadi biasalah cowok2 suka heboh dan rusuh (lebih hemmyaya nya lagi pas foto) haha entah kenapa bagian ini mengisyaratkan anak2 banci foto sampei ada kejadian kaya gini, tp percayalah emang anak2nya aja ajaib mungkin saking semangatnya atau saking senengnya kmpul bareng jadi aja , pilar ‘kehentak’ dari belakang cukup keras smp tangannya kerasa sangat tidak normal dan cuma bisa rebahan dilantai karna terlalu sakit untuk gerak .

oke, smua calon dokter turun tangan .

nah kita nih para medical engineering totally gabut .

hanya bisa melihat, mendengar, dan merenungkan penyesalan gak jadi dokter! haha konyol .

sebagian menutup telinga setiap kali tangan pilar digerakkan .

beberapa hanya berfoto-foto .

beberapa saling berceritera ttg kehidupan .

sebagian melihat saja,

sebagian lagi tertawa terpingkal-pingkal,

dan 2 dari sisanya (dhita dan wulan) hanya bisa membantu membersihkan makanan yang ada ke dalam perut :D hahahaha

ini buka bersama terchaos yg pernah ada,

tapi skaligus termenakjubkan yg pernah ada , melihat temanteman kamu yang sudah bisa mengaplikasikan ilmu perkuliahannya ke dunia yg sangat nyata dan mencoba menolong teman sendiri .

itu keren bangettttt .

meskipun yg smpet saya rasakan hanya perasaan useless!

atulah masa saya harus menentukan lokasi rumahsakit terdekat lengkap dengan track teralternatif dan titik koordinat rumahsakitnya ?

smua juga tau dari rumah syifa di istana sukajadi paling deket ya rmhsakit hasan sadikin!

hahaha. mungkin belum bisa ya, bukan sekarang :)

senangnyaaaaaaaa kmpul sama manusia-manusia ini.

manusia hebat yg saya yakini akan sangat sukses dengan jalannya masingmasing .

emg ga pernah ada waktu yang cukup buat ngerasa puas sm pertemuan yg ada.

...

***

tulisan aslinya disini

Rabu, 25 Agustus 2010

experiental learning

5 STARS DOCTOR
care provider-decision maker-communicator-community leader-manager


digerakin dikit pasien ngerang2. bapak tuan rumah panik, khawatir, & g yakin mahasiswa kedokteran bisa ambil tindakan tepat. g ada tenaga medis terlatih. ada puluhan org tapi mayoritas g pernah belajar ttg medis.

insiden kecil ngajarin sy lbh dlm ttg pentingnya 5 aspek yg ada di konsep "5 Stars Doctor". bahkan, aspek2 itu jauh lbh penting dr medical science-nya. tentu, bukan berarti medical science ga penting. tapi pengalaman ini, bikin urgensi 5 aspek "5 Stars Doctor" meninggi.

***


• Care-provider: Besides giving individual treatment “five-star doctors” must take into account the total (physical, mental and social) needs of the patient. They must ensure that a full range of treatment - curative, preventive or rehabilitative - will be dispensed in ways that are complementary, integrated and continuous. And they must ensure that the treatment is of the highest quality.
• Decision-maker: In a climate of transparency “five-star doctors” will have to take decisions that can be justified in terms of efficacy and cost. From all the possible ways of treating a given health condition, the one that seems most appropriate in the given situation must be chosen. As regards expenditure, the limited resources available for health must be shared out fairly to the benefit of every individual in the community.
• Communicator: Lifestyle aspects such as a balanced diet, safety measures at work, type of leisure pursuits, respect for the environment and so on all have a determining influence on health. The involvement of the individual in protecting and restoring his or her own health is therefore vital, since exposure to a health risk is largely determined by one’s behaviour. The doctors of tomorrow must be excellent communicators in order to persuade individuals, families and the communities in their charge to adopt healthy lifestyles and become partners in the health effort.
• Community leader: The needs and problems of the whole community - in a suburb or a district - must not be forgotten. By understanding the determinants of health inherent in the physical and social environment and by appreciating the breadth of each problem or health risk “five-star doctors” will not simply be treating individuals who seek help but will also take a positive interest in community health activities which will benefit large numbers of people.
• Manager: To carry out all these functions, it will be essential for “five-star doctors” to acquire managerial skills. This will enable them to initiate exchanges of information in order to make better decisions, and to work within a multidisciplinary team in close association with other partners for health and social development. Both old and new methods of dispensing care will have to be integrated with the totality of health and social services, whether destined for the individual or for the community.

*materi referensi dari dr. Charles Boelen (WHO, Swedia) bisa didownload disini

Minggu, 22 Agustus 2010

leader

Manager do things right
Leader do the right thing

true, not nice

tanri, kamu pernah marah sama orang ga sih?

***


saya mau jadi jenius, tapi ga mau jadi brengsek
***

don't you have heart at all?

Selasa, 17 Agustus 2010

Morning Has Broken

(by Cat Steven a.k.a. Yusuf Islam)

Morning has broken, like the first morning
Blackbird has spoken, like the first bird
Praise for the singing, praise for the morning
Praise for the springing fresh from the word

Sweet the rain's new fall, sunlit from heaven
Like the first dewfall, on the first grass
Praise for the sweetness of the wet garden
Sprung in completeness where his feet pass

Mine is the sunlight, mine is the morning
Born of the one light, Eden saw play
Praise with elation, praise every morning
God's recreation of the new day

Rabu, 11 Agustus 2010

PDW#05 light off

Selama PDW, malem2 ada aturan “light off”. Klo udah masuk waktu light off, ga boleh ada cahaya yang nyala. Lampu, senter, lilin, korek, apapun pokoknya harus mati. Gelap total. Ga boleh ada aktivitas apapun. Semua harus istirahat. Di sinilah PDW juga ngajarin bahwa kita istirahat juga harus total. Tidur juga harus “sungguh2”. Waktu istirahat yang ada harus bener2 dimanfaatin. Saya masih inget kata2 seorang pelatih waktu pra-PDW di Gunung Kareumbi, bahwa di PDW semua hal harus dilakukan dengan sungguh2 & penuh tanggung jawab.

“Di PDW, tidak ada waktu yang boleh berlalu sia-sia. Disini, tidur juga adalah bagian dari latihan karena istirahat kita adalah istirahat yang aktif; istirahat yang dilakukan dengan penuh tanggung jawab”, kurang lebih gitu katanya (kalimat ini sempet saya jadiin status di facebook).

Waktu light off tiap malem beda2. Bisa dari jam 10, jam 11, atau bahkan di atas jam 12. Itu tergantung waktu terakhir kegiatan. Nah, ternyata saya jadi orang yang kerepotan sama aturan light off ini dari tahap basic sampai sebelum tahap gunung hutan. Soalnya, cuma di tahap gunung hutan waktu malem begitu senggang. Di tahap gunung hutan, acara malem juga bentar. Paling2 cuma evaluasi, jadi waktu yang tersedia dari akhir kegiatan sampe light off ada banyak. Bahkan, saya masih bisa masak dan makan2.

Sebelum gunung hutan, tiap malem saya (kalo bahasa sundanya) "rusuh" alias buru2 (kayaknya ada diksi yang lebih pas tapi apa ya?). Dari akhir kegiatan malem sampai light off kadang cuma sekitar setengah jam. Paling lama sejam. Di waktu yang sempit itu saya mesti ngebongkar isi tas, ganti baju, ngerawat kaki, shalat, dan packing lagi. Kadang malah ditambah aktivitas insidental semisal dipanggil tim medis (soalnya saya udah kena kutu air di kaki –bahkan- dari sebelum PDW :p). Jadi kalo light off saya belum siap tidur, itu biasa. Gara2 itu saya pernah dipush-up 2 seri waktu ketauan sama pelatih. Yang ga enak, pernah saya jadi anggota regu dan akhirnya komandan regunya juga kena push-up.

Suatu kali pernah ada patroli tatib, terus saya lagi masak air panas dan belum shalat. Akhirnya saya langsung shalat ninggalin kompor yang nyala. Saya harap tatibnya ngemaklumin karena saya bukan lagi ngerjain hal2 aneh; saya lagi shalat. Tapi ternyata tatibnya nunggguin dan setelah saya mengucapkan kedua salam, "BLETAKK!!" tangannya melayang ke muka saya :D

Rabu, 04 Agustus 2010

PDW#02 lawang angin (1)

Teman, saya mau cerita tentang PDW dari hal2 yang paling sederhana dulu aja ya. Pertanyaan simpel, “sebulan di gunung tidurnya gimana?” (Biasanya orang2 bilang “sebulan di gunung”, padahal sebenernya PDW kan ga sebulan penuh di gunung). Nah, saya bakal jabarin berbagai macam “rumah” dan “tempat tidur” yang jadi tempat berlindung dan istirahat saya dan siswa2 lainnya selama PDW.

Mungkin, pada ngebayanginnya pake tenda mirip orang2 yang kemping. Kalo ada yang udah tau area situ lembang mungkin ngebayanginnya selama di situ lembang ya tinggal di barak, kenyatannya inilah variasi tempat kami beristirahat.

Pertama.

Long march dari sekre wanadri ke Situ Lembang ternyata ga sebentar. Awalnya saya kira berangkat pagi2 abis shubuh, sore bakalan nyampe tangkubanperahu dan malemnya udah nyampe Situ Lembang. Ternyata rombongan ngumpul di Tangkubanperahu sampe maghrib. Abis maghrib baru bergerak ke Situ Lembang.

Mungkin perpaduan badan cape karena seharian jalan, suasana gelap karena udah malem, dan faktor-faktor lainnya (yang pasti, sangat mungkin ini juga rekayasa panitia), akhirnya kita baru nyampe Situ Lembang sekitar jam 6 pagi.

Nah lho, jadi ga tidur?

Ngga juga. Kita sempet tidur sebentar. Saya lupa persisnya, tapi sekitar jam 3 pagi siswa dikumpulin di bawah pepohonan dan disuruh ngeluarin ponco. Ternyata, malem itu kita dikasih waktu tidur dengan baju basah, badan cape, ransel/carrier tetep dipake, dan ponco nutupin badan. Posisinya duduk nyender ke pohon.

Sekitar jam setengah 5, sebuah ledakan TNT yang langsung disambung teriakan, “bangun, tuan-tuan!” berulang2 menandai akhir dari waktu istirahat kami yang lumayan "berkesan": duduk berponco di bawah pepohonan (^^).

BERSAMBUNG..

Selasa, 03 Agustus 2010

PDW#01 hari-hari pdw


Untuk mempermudah, saya mesti jelasin jadwal PDW dulu dari hari ke hari secara singkat.

3 Juli (H1) upacara pembukaan.
4 (H2) long march sekre wanadri (jln. aceh 155 bandung)- tangkubanperahu-situ lembang.
5-16 (H3-14) basic training @ Situ Lembang, pindah ke pinggir sungai Citarum
17-18 (H15-16) Olah Raga Arus Deras (ORAD) Citarum & Tebing Citatah
19 (H17) recovery
20 (H18) long march rel kereta api Rajamandala-Padalarang, pindah ke Pantura Subang
21-22 (H19-20) Rawa Laut Subang, pindah ke Desa lain di Subang (saya ga tau pasti)
23 (H21) long march jalan raya dari desa di atas ke Desa Cihandjawar Purwakarta.
24 (H22) recovery 2
25-27 (H23-25) gunung hutan: navigasi terbuka, tertutup, ESAR
28-31 (H26-29) gunung hutan: survival, long march situ lembang-tangkubanperahu
1 Agustus (H30) UPACARA PELANTIKAN :D

PDW#00 semacam pembuka


Bismillah. Subhanallah. Alhamdulillah. Allahu Akbar.

Saya harus bersyukur dengan syukur yang sebenar2nya setelah akhirnya berhasil lulus dari Pendidikan Dasar Wanadri (PDW) 2010. Pengalaman berharga luar biasa. Sebulan yang sangat bermakna untuk seumur hidup saya (semoga saya ga berlebihan. Seriusan, PDW betul2 bermanfaat). Tapi tetep aja, untuk yang udah pernah ikut PDW pasti bakal bilang, “cukup PDW sekali aja seumur hidup” (^^)

Pengalaman berharga itu pengen saya tulis ke beberapa tulisan pendek. Semoga ada manfaatnya minimal buat saya, lebih bagus lagi klo bisa jadi jawaban untuk temen2 yang pada “nagih” (seriusan banyak yang nagih secara langsung, lewat YM, ataupun FB), bahkan klo bs bermanfaat bwt lbh banyak org lagi ya jelas sy lebih seneng lagi. Smoga diterima jd amal shaleh sama Allah. Sampe sekarang (pas saya nulis bagian pembukanya), udah ada belasan judul yang mau ditulis. Semoga Allah permudah untuk nuntasinnya.

Pertengahan agustus nanti katanya TV One bakal nayangin liputan ttg PDW jadi 2 episode yg totalnya 3 jam. Mungkin klo ada yang mau liat visualnya bisa nonton tayangannya nanti. Kalo saya, mungkin lebih banyak nulis pengalaman pribadi jadi jelas beda sama yang bakal ditayangin TV One nanti.

Okelah, ga usah lama2. Ntar takutnya malah kburu lupa mau nulis apa. Saya langsung tancap aja ke intinya. Bismillah..

Kamis, 01 Juli 2010

tertahan

mungkin memang masih akan tertahan sampai waktunya.
semuanya menumpuk dan terus menumpuk.

mungkin nanti,
ada saatnya kesempatan, kemauan dan kemampuan bertemu di satu titik.

atau,
semua itu memang tidak akan pernah jadi jejak tertulis di blog ini.

setidaknya,
semua itu harus jadi sesuatu yang berarti di dalam diri seseorang,
lalu ia yang mentransformasi semua itu menjadi sesuatu yang berarti untuk dunia..

dengan kerja-kerja kecilnya..
dengan kerja-kerja yang sederhana..
tapi tetap berharap semua berakhir dengan sempurna.

Sabtu, 19 Juni 2010

maghrib #1

"subhanallah. subhanallah. subhanallah.."

lagi dzikir abis dzuhur kpikiran anak2 kosan radix alias wisma jatinangor. barusan pas saya sama yasir sang ketua DKM ke masjid buat shalat, mereka masih pd belajar. pd shalat ga ya?

"mencegah mudharat itu lebih utama dari mencari kemaslahatan" (dasar fiqh)

"sir, anak2 klo diajak shalat di kosan pd mau ga ya?" sambil jalan pulang dari masjid, sy ajak yasir ngobrol.
"ada yang mau, ada yang mau tapi nunda2, ada yang susah juga", kata yasir.
"gua sih daripada kita ke masjid tapi yang lain ga shalat mendingan shalat bareng anak2 di kosan".
"ya udah, nanti coba aja".

***

waktu ashar saya lagi di averous, jd ke MU. maghrib di wisma jatinangor lagi.
aji ngeloyor keluar mau shalat di masjid. pas saya pengen ke masjid, kepikiran ide tadi siang.

"rol, shalat yuk! ayo..". sambil nyengir ngajak parol shalat.
"ha?" parol agak gelagapan.
"ayo, rol.."
"ya udah, abis gua beresin ini dulu", katanya sambil nunjuk draft sooca.

akhirnya saya milih nunggu. ga lama..

"gua sebatang dulu ya, trus ntar kita shalat" tiba2 dia minta perpanjangan waktu.
"yaah.. lama lagi. tadi katanya abis ini, skrg nambah lagi jadi abis sebatang. lama lagi dong.."
"kagak ah! orang ga bakalan sejam juga".
"ya udah, cepet ya. ntar lo yg imam" saya tiba2 kepikiran minta dia jadi imam.
"ha?"
"iya lo yang imam".
"ya udah, tp 3 kul aja ya?" maksudnya, dia mau jadi imam asal surat yang dibacanya antara al ikhlas, al falaq, atau an naas aja. asiik.. ga ada masalah mau surat apa aja.
"iyaa..", kata saya. "orang cuma 2 rakaat yg dibaca, ga usah 3."
"ya udah..", parol ngeluarin kata2 andalannya lagi.

muncul ubay.
"bay, ayo shalat bersama imam parol. hehehe", kata saya. bahasanya sengaja agak2 mirip judul spanduk gitu. hahaha..
parol nyengir, ubay cekikikan.


~BERSAMBUNG..

Jumat, 11 Juni 2010

Kenakalan Remaja di Era Informatika

by Efek Rumah Kaca

senang mengabadikan
tubuh yang tak berhalang
padahal hanya iseng belaka
ketika birahi yang juara
etika menguap entah kemana

oh nafsu menderu deru bikin malu..
oh nafsu menderu deru susah maju..

rekam dan memamerkan
badan yang lainnya
mungkin hanya untuk kenangan

apakah kita tersesat arah
mengapa kita tak bisa dewasa

*kasus video mesum mesti segera beres demi edukasi moral

Rabu, 09 Juni 2010

Totalitas Perjuangan

Kepada para mahasiswa
Yang merindukan kejayaan
Kepada rakyat yang kebingungan
Di persimpangan jalan

Kepada pewaris peradaban
Yang telah menggoreskan
Sebuah catatan kebanggaan
Di lembar sejarah manusia

Reff :
Wahai kalian yang rindu kemenangan
Wahai kalian yang turun ke jalan
Demi mempersembahkan jiwa dan raga
Untuk negeri tercinta

*saya lebih suka versi yang agak nge-rock (bukan pake balsem ke punggung).
coba deh dengerin, download aja disini

Rubik



#1 tanri pemales: aduh, kok yg IM injection ga lulus? padahal kan cuma ga ngelap make kapas beralkohol di karet vial sama di kulitnya

#2 tanri (sok) pinter: ya iyalah, coba bayangin klo pasien beneran, trus dia kena komplikasi gara2 jarumnya terkontaminasi (blablabla).. parahh!!

#3 tanri (sok) rendah hati: udah, dilulusin sama penguji station yang lain juga udah untung..

#4 tanri (bakat) sombong: iya, blajar cuma segitu trus yg failed cuma 1 udah bagus tau!

#5 tanri (beneran) rajin (amin): hoy!! malah ngeributin yang udah2.. belajar sana! soca blm blajar 1 kasus pun, ini malah ngeblog ngeributin osce yg udah lewat..

*dan tanri yang lain pun akhirnya kabur gara2 dimarahin "si rajin amin"

#6 tanri asli:
yang pasti, saya kalah 2-0.
pertama, karena secara proses ga berhasil nahan diri belajar yang bener.
kedua, karena secara hasil akhirnya ga nyampe target untuk ga remed.

Minggu, 06 Juni 2010

Our Lives

(by The Calling)

Is it love tonight
When everyone's dreaming
Of a better life
In this world
Divided by fear
We've gotta believe that
There's a reason we're here
Yeah, there's a reason we're here

Cause these are the days worth living
These are the years we're given
And these are the moments
These are the times
Let's make the best out of our lives

See the truth all around
Our faith can be broken
And our hands can be bound
But open our hearts and fill up the emptiness
With nothing to stop us
Is it not worth the risk?
Yeah, is it not worth the risk?

Cause these are the days worth living
These are the years we're given
And these are the moments
These are the times
Let's make the best out of our lives
Even if hope was shattered
I know it wouldn't matter
Cause these are the moments
These are the times
Let's make the best out of our lives

We can't go on
Thinking it's wrong
To speak our minds
I've gotta let out what's inside

Is it love tonight
When everyone's dreaming
Can we get it right?
Yeah, well can we get it right?

Cause these are the days worth living
These are the years we're given
And these are the moments
These are the times
Let's make the best out of our lives
Even if hope was shattered
I know it wouldn't matter
Because these are the moments
These are the times
Let's make the best out of our lives

download lagunya disini

Jumat, 28 Mei 2010

Bukan Pahlawan

(by Superman is Dead)

Di sudut kota ini melangkah sepi
Dihantui mimpi abadi
Tangis dan air mata di pinggir jalan
Kapankah ini kan berakhir

Pemabuk diperlukan pelacur jalanan
Bermahkotakan duri tajam
Tutup matamu kawan besarkan hati
Surga dan neraka menanti

Reff:
Aku bukan pahlawan berparas tampan
Sayap-sayap pupus terbakar
Salah benar semua pernah kulakukan
Angkat gelas kita bersulang

Pertarungan abadi setan malaikat
Luluh lantak darah mewangi
Berhamburan sejuta nafas ke langit
Dunia berhenti tertawa

Kembali ke Reff

Angkat gelas kita bersulang
Walau kalah jangan menyerah

download lagunya disini

***

"Seorang pahlawan boleh salah, boleh gagal, boleh ditimpa musibah.. Tapi dia tidak boleh kalah, dia tidak boleh menyerah pada tantangannya. Dia tidak boleh menyerah kepada keterbatasannya, dia harus tetap melawan, menembus gelap supaya dia mampu menjemput fajar sebab kepahlawanan adalah piala yang direbut, bukan anugerah yang dihadiahkan"
(Anis Matta)

***

Kekalahan sebenarnya adalah saat menyerah.
Kekalahan sebenarnya adalah saat berhenti karena keterbatasan dan kekurangan.
Kekalahan sebenarnya adalah saat "kapok" karena pernah melakukan kesalahan.

Yes, the show must go on..

*ini lanjutan tulisan sebelumnya berjudul "in this simple & beautiful life"

Kamis, 27 Mei 2010

Wavin' Flag (World Cup Version)

(by K'Naan)

Give me freedom, give me fire, give me reason, take me higher
See the champions, take the field now, you define us, make us feel proud
In the streets are, exaliftin , as we lose our inhabition,
Celebration its around us, every nation, all around us

Singin forever young, singin songs underneath that sun
Lets rejoice in the beautiful game.
And together at the end of the day.

We All Say..

When I get older I will be stronger
They’ll call me freedom Just like a wavin’ flag
And then it goes back (3x)

When I get older I will be stronger
They’ll call me freedom
Just like a wavin’ flag
And then it goes back (2x)
And then it goes..

Oooooooooooooh woooooooooohh hohoho

Give you freedom, give you fire, give you reason, take you higher
See the champions, take the field now, you define us, make us feel proud
In the streets are, exaliftin, every loser in ambition,
Celebration, its around us, every nations, all around us

Singin forever young, singin songs underneath that sun
Lets rejoice in the beautiful game.
And together at the end of the day.

And everybody will be singinit

And we are all singinit

download lagunya disini

Di Udara

(by Efek Rumah Kaca)

Aku sering diancam
juga teror mencekam
Kerap ku disingkirkan
sampai dimana kapan

Ku bisa tenggelam di lautan
Aku bisa diracun di udara
Aku bisa terbunuh di trotoar jalan
tapi aku tak pernah mati
Tak akan berhenti

Aku sering diancam
juga teror mencekam
Ku bisa dibuat menderita
Aku bisa dibuat tak bernyawa
di kursi-listrikkan ataupun ditikam

Tapi aku tak pernah mati
Tak akan berhenti
Tapi aku tak pernah mati
Tak akan berhenti

Ku bisa dibuat menderita
Aku bisa dibuat tak bernyawa
di kursi-listrikkan ataupun ditikam

Ku bisa tenggelam di lautan
Aku bisa diracun di udara
Aku bisa terbunuh di trotoar jalan

[Reff:]
Tapi aku tak pernah mati
Tak akan berhenti

download lagunya disini

In This Simple & Beautiful Life


This ain't a song for the brokenhearted
No silent prayer for the faith departed
And I ain't gonna be just a face in the crowd
You're gonna hear my voice when I shout it out loud

It's my life
It's now or never
I ain't gonna live forever
I just wanna live while I'm alive

(It's my life)
My heart is like an open highway
Like Frankie said, "I did it my way"
I just wanna live while I'm alive
'Cause it's my life

This is for the ones who stood their ground
For Tommy and Gina who never backed down
Tomorrow's getting harder, make no mistake
Luck ain't even lucky, gotta make your own breaks

You better stand tall
When they're calling you out
Don't bend, don't break
Baby, don't back down
(it's my life-bon jovi)
download lagunya disini

***

Sore-sore, saya lagi jalan. Jalannya cepet-cepet soalnya banyak yang mesti saya kerjain.

Tiba-tiba seorang temen ngejar-ngejar saya pengen ketemu. Pas ketemu dia bilang, "Saya kecewa sama kamu, tan. Kamu ga bener ngerjain kerjaan tadi pagi padahal saya udah mau bantuin kamu".
Selesai. Ga ada lagi yang dia bilang selain 2 kalimat itu.

Malem-malem, saya masih jalan cepet-cepet karena masih banyak yang mesti saya kerjain. Sekali lagi seorang temen muncul tiba-tiba di depan saya. Kali ini orangnya beda dari yang tadi sore. Dia bilang, "Saya kesel sama kamu. Saya ga bisa bersikap baik sama kamu walopun kamu temen saya".
Selesai. Ga ada yang dia bilang lagi selain 2 kalimat itu.
Saya sempet nanya selintas, "kenapa?"
Tapi temen saya itu pergi ga mau jawab.

***

Beberapa hari setelah itu, saya nyari-nyari waktu buat ngobrol sama beberapa temen saya yang lain untuk nyari tau alesan kenapa orang yang kedua tadi kesel sama saya. Akhirnya saya tau. Alhamdulillah.. Ok, insya Allah saya coba beresin masalahnya.

Setelah ngobrol sama temen-temen saya tadi, saya duduk-duduk buat internetan. Seorang temen saya lewat dan selintas dia bilang,
"tanri, hati-hati ya. ada 3 orang yang bilang kesel sama kamu ke saya".
Saya jawab, "orangnya si 'itu' bukan?"
Kata temen saya, "bukan".
Saya bilang, "ok, jadi nambah lagi".

***

Hadapi dengan senyuman
Semua yang terjadi biar terjadi
Hadapi dengan tenang jiwa
Semua kan baik-baik saja

Bila ketetapan Tuhan
Sudah ditetapkan, tetaplah sudah
Tak ada yang bisa merubah
Dan takkan bisa berubah

Relakanlah saja ini
Bahwa semua yang terbaik
Terbaik untuk kita semua
Menyerahlah untuk menang

(hadapi dengan senyuman-dewa)
download lagunya disini


*ini lanjutan dari tulisan sebelumnya berjudul "maaf saya rasional"

Rabu, 26 Mei 2010

Breakthrough

(by Nidji)

We used to think when we are younger
Living the lies behind the wall
Then she ask me what i’m thinking
And i said oh nothing at all



We ‘re not a vintage generation
It’s time to leave and break the wall
Then she ask me what i’m doing
So i said now its time for revolution

No no no..
You dont know me any more
Low low low..
You’re gonna low your self
And take us higher

Reff :
Here we are try to reach the stars
We are getting higher on and on Go go go
Like a hyperdrive
We came along this far
We are getting bigger on and on
We’re untouchables

It’s time to leave and break the wall
Now its time for revolution
It’s time to leave and breaking on
Its revolution

download lagunya disini


Mendahului Tuntutan

"with great power comes great responsibility" (spiderman)

saya pikir ga slalu gt lho.

kadang tanggung jawab/tuntutan datang lebih dulu dari kekuatan.
itu bisa membuat kekuatan kita ikut terseret menguat,
tapi juga bisa jadi blunder tragedis dalam kehidupan..

jadi, jelaslah tugas kita hari ini:
memiliki jawaban atas pertanyaan2 yang akan datang,
memiliki solusi atas masalah2 yang akan bermunculan,
memiliki kekuatan dan kapasitas yang selalu mendahului tuntutan dan tanggung jawab dari ummat.

semoga..

*lagian superman lebih keren dari spiderman ^^