Minggu, 08 Mei 2011

Chivalry 2011 Apa Adanya

Olymphiart, gelaran akbar seluruh mahasiswa FK Unpad yang tahun ini diberi nama “Chivalry 2011”, akhirnya hari ini dimulai. Mungkin banyak orang yang sudah mafhum bahwa suasana panas dan penuh konflik akan muncul setiap kali Olymphiart digelar. Bertahun-tahun diselenggarakan, berbagai masalah jadi bumbu yang tidak diharapkan tapi suka tidak suka selalu ada. Tahun ini, masalah-masalah pun ternyata sudah bermunculan sejak berhari-hari sebelum Olymphiart dimulai. Beberapa masalah yang mengemuka di antaranya:

1. Latihan basket. Salah satu angkatan melakukan latihan di GOR Bale Santika sehingga sempat dianggap angkatan lain memonopoli fasilitas yang seharusnya digunakan bersama. Akhirnya, setelah dilakukan komunikasi antarangkatan tentang latihan ini, detail permasalahannya lebih jelas dan penggunaan fasilitas itu pun tidak lagi dipermasalahkan.

2. Waktu pelaksanaan. Sempat santer dikabarkan Chivalry akan dimulai tanggal 25 April. Akan tetapi, di Technical Meeting 1 Jumat 25 Maret panitia mengumumkan bahwa Chivalry dimulai 18 April. Hal ini sempat menjadi pertanyaan bagi sebagian peserta, namun akhirnya bisa dijelaskan. Bagian penting dari poin ini adalah saat terjadi miskomunikasi di Technical Meeting sehingga suasana sempat agak memanas. Akhirnya pihak yang terkait sudah menyampaikan permohonan maaf dan meluruskan maksud dari apa yang disampaikannya.

3. Pemilihan lomba. Di Olymphiart tahun ini ada beberapa lomba yang bertambah dan berkurang dibanding Olymphiart sebelumnya. Hal ini juga bisa menimbulkan pertanyaan bagi sebagian peserta. Terlepas dari sudah jelas atau belum alasannya, secara objektif harus kita akui bahwa hal-hal semacam ini adalah wewenang penuh panitia.

4. Peraturan lomba. Ada peraturan lomba yang sempat jadi polemik dan berujung pada pelayangan surat naik banding oleh peserta sebagai bentuk permohonan peninjauan kembali. Hal ini jadi masalah karena peraturan yang ada dianggap menyalahi profesionalisme, sedangkan surat yang dilayangkan dianggap melanggar kesepakatan.

5. Jaket suporter. Hal ini dilatar belakangi rencana salah satu kontingen menggunakan jaket sebagai atribut suporter. Meskipun hal ini tidak terlarang, nyatanya sebagian pihak menentang pemakaian jaket karena berbagai alasan: budaya baru, suasana sensitif Olymphiart, sampai alasan subjektif seperti adanya orang-orang yang memang tidak suka dengan tindakan “beda sendiri”.

6. Perdebatan tentang diperbolehkan atau tidaknya Komisi Disiplin ikut berlomba. Kenyataannya, tidak ada angkatan yang mampu memenuhi permintaan jumlah perwakilan Komisi Disiplin sampai tenggat waktu yang sudah ditentukan. Permasalahan semakin rumit karena di balik itu memang ada masukan untuk menghapus larangan bermain bagi Komisi Disiplin, tapi juga ada yang menganggap perekrutan yang dilakukan belum diusahakan dengan baik.

7. Forum Senin Siang. Senin 28 Maret panitia mengadakan forum yang melibatkan berbagai elemen untuk membahas perubahan jadwal yang diajukan karena alasan jadwal akademik. Perubahan jadwal tidak menjadi permasalahan rumit, namun lagi-lagi terjadi miskomunikasi dalam hal lain.

8. Opini atau celetukan personal melalui twitter maupun langsung secara lisan dari berbagai pihak. Sepertinya, baik twitter maupun perbincangan mahasiswa FK Unpad akhir-akhir ini tidak sepi dari tema Olymphiart dan kadang itu mengandung risiko kontroversi atau kesalahpahaman.

Begitulah sekilas gambaran tentang berbagai masalah yang muncul sebelum Olymphiart dimulai. Menyikapi berbagai masalah yang berkembang, Rabu 6 April 2011 Steering Committe (SC) berinisiatif mengadakan Forum Hearing & Curhat yang melibatkan seluruh elemen yaitu Senat Mahasiswa, SC, panitia, komdis, dan perwakilan angkatan. Pada forum itu semua persoalan diutarakan secara terbuka sehingga semua pihak berhak memberikan tanggapan, solusi, masukan, atau permohonan maaf satu sama lain secara terbuka.


Ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari kejadian tersebut. Memang terkesan teoritis, tetapi sebetulnya kita sendiri yang menentukan sejauh mana kita bisa menerapkan ini ke depannya. Jangan sampai pelajaran yang didapat jadi sebatas teori semata. Kalau kata orang, NATO: No Action Talk Only.

Pertama, saling percaya dan berbaik sangka. Prasangka buruk dan persepsi negatif dapat menjadi akar sebuah konflik. Hal ini terjadi tak terkecuali di Olymphiart. Stigma yang melekat menjadi pemicu prasangka terhadap pihak tertentu. Kita belum yakin kalau seseorang itu salah, tetapi karena stigma tertentu akhirnya semua jadi tampak salah. Jangan sampai kita dengan mudah menghakimi orang hanya berdasarkan penilaian sendiri.

Kedua, komunikasi terbuka dengan cara yang tepat dan kepada pihak yang tepat. Persoalan atau pertanyaan yang muncul diklarifikasi dan dikomunikasikan secara terbuka ke pihak yang bertanggung jawab agar tidak terjadi miskomunikasi atau bias informasi. Caranya pun harus diperhatikan dengan sangat baik. Hal yang tidak kalah penting adalah mengomunikasikan hal-hal tersebut ke pihak yang tepat, yakni pihak yang bertanggung jawab. Kadang masalah bisa muncul karena kita mengklarifikasi atau menanyakan suatu hal kepada orang yang menjawab berdasarkan pandangannya sendiri tanpa memahami kondisi dan menyadari bahwa perkataannya bisa dianggap mewakili suatu kelompok besar.

Ketiga, hati-hati dalam memilih sikap dan mengambil keputusan. Pastikan kita bersikap adil dan profesional. Mungkin saja, keputusan yang kita ambil sebenarnya merugikan orang lain, walau tanpa sengaja. Mekanisme atau cara yang kurang baik dan tidak professional dapat menimbulkan kesalahpahaman yang berujung kritik dan keluhan orang lain.

Keempat, terbuka dalam menerima kritikan dan masukan. Kritikan dan masukan yang disampaikan harus diterima secara objektif. Terima apa adanya dengan lapang dada. Prasangka dan persepsi negatif hanya akan membuat ‘defense mechanism’pada diri kita sehingga masukan dari orang lain tidak bisa kita nilai secara objektif dan rasional.

Kelima, toleransi dalam perbedaan pandangan. Kunci toleransi adalah menerima sikap orang lain apa adanya, bukan menuntut orang lain selalu sesuai keinginan kita. Ada hal yang memang tidak bisa disamaratakan dan diseragamkan. Kita dituntut untuk belajar dewasa dan memandang perbedaan pendapat maupun perbedaan sikap sebagai keunikan dan menyikapi perbedaan sebagai potensi yang perlu diberdayakan, bukan ancaman yang perlu ditentang dan dilawan.

***

Kita tidak akan pernah menyerah untuk mewujudkan Olymphiart yang sukses menghadirkan kompetisi yang seru sekaligus menciptakan FK Unpad yang satu. Mari kita lihat dari sudut pandang optimis. Sisi positif munculnya suasana panas sejak sebelum Olymphiart dimulai adalah masalah-masalah yang ada bisa segera diselesaikan sehingga saat ajang ini dimulai kita siap bersenang-senang bersama. Optimisme bahwa Olymphiart bisa menjadi ajang kompetisi yang sehat, memunculkan minat dan bakat, sekaligus jadi perekat seluruh mahasiswa FK Unpad harus terus kita jaga. Ayo FK Unpad, semangat! :)

---------------------------------------------------------------------------
ditulis untuk buletin "WDK" Medicinus. dalam prosesnya, ada sedikit 'konflik' sama si bibi editor yang kurang-lebih hampir sama kaya isi tulisan ini. masalah prasangka, komunikasi, dll. lumayan, jd pelajaran tambahan buat saya :)

ini tulisan versi "semau saya" mulai judul sampe isi, karena yang dimuat akhirnya adalah versi ke-3 (jd udh 2x sy revisi) dan itu pun dipotong2 karena tuntutan kapasitas maksimum jumlah karakter. dipasang jadi headline dan dikasih judul sama si bibi editor "Ada Apa Dengan Chivalry".

tulisan ini dimuat bareng tulisan lain yang bikin buletin "WDK" edisi ini terkesan skpetis, sinis, subjektif, kontroversial, & akhirnya digugat orang.

sebetulnya, setelah ini ditulis pun masalahnya ga selesai. saya sempet jd mempertanyakan efektivitas forum rabu malem, efektivitas tulisan ini, bahkan sempet pesimis sama apa yg justru sy gembar-gemborin di akhir tulisan ini & sy sampein langsung di rabu malem ke jajaran panitia. tapi alhamdulillah optimisme & harapan muncul lagi kalo inget justru saya yg pernah ngemotivasi temen2 yg sempet pesimis, skeptis, bahkan sinis.

pesimisme insya Allah ga akan jadi temen saya, sampe kapan pun.

Deja Vu: Botak

saya adalah siswa pertama (otomatis angkatan pertama) SDIT Al Izzah Serang. temen seangkatan saya cuma belasan jumlahnya. waktu kelas 5, karena suatu alasan untuk pertama kalinya ibu nyuruh sy cukur rambut sampai botak. dengan berat hati saya turutin perintah ibu. anehnya, cuma karena pengen ikutan akhirnya SEMUA temen laki2 saya ikut botak juga. sampai sekarang itu jadi kenangan berkesan buat saya. saya msh ga ngerti kenapa mereka (sekali lg, SEMUANYA) mau ikut2an botak.

dan ternyata, fenomena yg hampir sama terulang sekitar 10 thn kemudian..

***

saya lupa persisnya gmn. hampir 1 tahun yg lalu, saya lg ngumpul sm tmn2 dan entah gimana pemicunya pokoknya ada yang bilang rambut saya selalu berantakan. tiba2 muncul saran supaya saya botak aja biar rapi. sy bilang "ga mauu.." (malu gitu).

entah gimana, kepikiran untuk ngehindar saya bilang aja, "oke botak klo 08 juara olymphiart". buat sy, juara Olymphiart itu kejadian luar biasa. ternyata, itu bener2 diinget & disebarin sama tmn2..

tersebarlah celetukan iseng itu. sampai akhirnya ada yg bilang, "cowo2nya botak semua aja". supaya beda, karena yg lain botak rambut saya disuruh mohawk. no, itu berlebihan. botak gara2 juara olym aja rasanya udh berlebihan *tp terlanjur bilang*

akhirnya kejadian, 2008 bener2 juara olymphiart dan saya beneran selalu dituntut botak sampai integritas dipertaruhkan (lebay). apalagi, yg lain udh pd mau ikut2an botak. ya sudahlah..

saya botakin kepala saya, terus saya langsung bawa tukang cukurnya ke Wisma Jatinangor Puri Indah. 22 org ditraktir botak ^^

saya bilang, anggap aja traktiran ini cuma penghargaan kecil untuk org2 yg lbh menghargai solidaritas drpd citra diri.. walaupun bentuknya sepele: botak.

udah saya bilang ke temen2, klo ada yg ga mau ikut2an iseng jd botak juga gapapa. biasa aja.. itu hak masing2. "SOLID" itu ga berarti harus "seragam" ^^

sampai2 tentang botak, Olymphiart emang ngasi banyak cerita.. terutama seneng sama2, susah sama2.. terimakasih SeMaFKUnpad & Chivalry_2011 :)


-----------------------------------------------------
wkt SD dulu, ada 1 org lg yg anehnya ikut botak jg: David Beckham! hahaha..
dulu kan Beckham dikenal sbg model minyak rambut Brylcreem, tiba2 di akhir pekan setelah saya botak, waktu saya nonton bola di TV Beckham botak & waktu itu lumayan jd fenomena.
yaa, pastinya itu cuma 'coincidence' :)

sy sama temen2 sempet foto bareng org2 botak tapi saya blm punya fotonya.
pokoknya klo dari belakang hampir semua susah dibedain.
nanti kita mau foto bareng pake jaket angkatan & bawa piala, pasti keren ^^

Refleksi 2008 S.A.T.U.


Halo, apa kabar 2008 ^^
Jalanku denganmu bermula belum lama
Banyak waktu sulit menggambarkan,
SIAPA 2008 dan BAGAIMANA 2008.

Ini Olymphiart ketiga, sekaligus jadi yang terakhir..
dan disini, tiap kita punya impian, 2008 jadi S.A.T.U.

SOLIDbanyak yg awalnya ga peduli.
ada yang begadang untuk Olymphiart, ada yang di kostan asik sendiri
mungkin sibuk ngerjain LI, mungkin sekedar ngabisin hari
tapi kita tahu..
walau sempurna belum tercipta, yang ada tetap luar biasa
sambil mengajak kawan di kanan-kiri, kita habis2an di lapangan & panggung seni
sembari terus menarik massa, kita berteriak sampai habis suara (iya kan? ^^)
terus berbenah, membentuk kekompakan.
asik sama-sama, susah sama2.
belajar berbagi, belajar bersimpati

AKTIF
Bertekad berikan yang terbaik untuk kampus FK Unpad tercinta
Sebanyak mungkin 2008 terjun ke lapangan
Berbagi peran..
Tekad kita, apapun perannya kita bantu Olymphiart jadi seru!
Kita mau 2008 S.A.T.U.
FK Unpad juga S.A.T.U.

TELADAN
kita mau terbang tinggi, tapi tidak terbang sendiri
kita cuma ingin jadi inspirasi..
lalu mengajak yang lain berlari.
mungkin sempat ada yang benci, lalu jadikan kita merasa sendiri
tapi sungguh tidak pernah ada maksud menyakiti..

UNGGUL
kita ingin menang,
dengan lantang kita tegaskan ini sejak kali pertama.
tapi sungguh mimpi ini tulus karena cinta..
bukan karena benci pada yang lainnya
ini tentang cinta.. yang membuat kita berikan semuanya
sampai bangun dan tidur, siang dan malam, semua tercurah untuk 2008..

hingga sebuah piala..
terasa jadi tanda cinta yang berarti,
sama sekali bukan untuk ongkang2 kaki di depan yang lain..

solid-aktif-teladan-unggul bukan pilihan..
semuanya harus hadir dan jadi karakter 2008
kaya kata tanri,
“di panggung & lapangan kita belajar berjuang, tapi dimana pun kita belajar kedewasaan”
dan “hal yang sama2 baik, kenapa harus dibenturkan?”
dan seperti yang Aul bilang,
di lapangan kita bertanding..
di luar lapangan kita bersanding

2008
Akhirnya kita sampai ke titik akhir..
Kita sama2 percaya, semua melakukan yang terbaik
Apapun hasilnya, kita bangga dengan prosesnya.

Bukan karena juara kita jadi cinta 2008, tapi karena cinta kita mau 2008 juara.
Artinya, menang-kalah, kita tetap cinta 2008.
Juara-ngga juara, kita tetep S. A. T. U.
SOLID. AKTIF. TELADAN. UNGGUL.

Terimakasih kepada panitia untuk kerja kerasnya,
maaf untuk kritik-saran yang mungkin bertubi-tubi..
Kami hanya ingin kita semua menjadi lebih baik
Terimakasih kepada SC yang mungkin banyak dipusingkan oleh 2008
Terimakasih kepada DC yang mau berkorban untuk kebaikan yang lebih luas..

Kami memang sayang 2008,
Namun, kami pun sayang semuanya, 2007, 2009, dan 2010...
Maaf untuk perkataan, perilaku yang tidak berkenan..

Untuk semua teman sejawat, semoga,
What happens in Olymphiart, stays in Olymphiart.
Cukup yang baiknya yang bertahan...

2008 untuk selamanya..
too eightcellent to be true!


----------------------------------------------------
dibuat bareng Fulki Fadhila untuk penutupan Chivalry 2011

Sabtu, 07 Mei 2011

Invictus

klo ga salah wkt libur bln puasa & lebaran kmrn, sy nonton film 'INVICTUS' yg ceritanya ttg usaha Nelson Mandela wkt awal2 jd presiden Afrika Selatan ngehapus budaya 'apartheid', yg stlah itu lbh jauhnya berusaha mempersatukan org2 kulit hitam & kulit putih. caranya adalah dg menghapus rasa dendam dr org2 kulit hitam terhadap kulit putih, memposisikan mereka setara, & membangun prestasi timnas Rugby Afsel. nah, yg terakhir ini jutru jd inti ceritanya.



***

wkt thn pertama kuliah, sbg ketua angkatan FK Unpad 2008 sy mikirin: apa yg hrs dilakukan u/ ngebangun rasa cinta tmn2 ke angkatan?

wkt itu yg kepikiran cuma 2 kuncinya: KEBANGGAN & KEBERSAMAAN.
makin tinggi kebanggaan tmn2 sama angkatan, insya Allah makin kuat jg cintanya. makin banyak momen2 kebersamaan yg ada, insya Allah jg makin kuat cintanya. bahkan bs dibilang, 2 hal ini jg saling berpengaruh. makin bangga makin solid jg makin bangga. sy share ke penguin, coret2annya sy simpen, terus penerapan ke arah programnya coba dirancang.


seiring dg wkt, implementasi teknisnya ga gampang. serba terkendala banyak hal. rapat penguin sempet ga rutin, kepengurusan serba ga jelas, mahasiswa reguler (indonesia) & kpbi (malaysia) msh parsial, & ada masalah2 lain. walau gagasan udh ada, penerapan selalu punya tantangan tersendiri.

Alhamdulillah, berbagai usaha yg kita lakukan untuk ngebangun kebanggaan & kebersamaan tmn2 ga sia2. berkali2 rapat penguin yg kadang geje (ga jelas), berbagai kumpul sama tmn2 malaysia, nyari2 org (ngelist, ngedeketin satu2) u/ ngurus acara & bentuk program lainnya, dan bahkan sampai berbagai usaha yg rasanya kecil.. semua itu skrg hasilnya mulai terlihat sedikit demi sedikit.


sampai rasanya sy bersyukur sekali jd Ketua Angkatan 2008 yg isinya org2 yg punya kemauan untuk ngebangun angkatannya. sejak malem terpilihnya sy jd Ketua Angkatan sy udh bilang ke temen2 ini tantangan besar buat saya, karena potensi temen2 udah sangat keliatan sejak ospek.

masih banyak PR. masih banyak potensi blm optimal, jd otomatis masih banyak yg harus dilakukan. sampai kapan pun ga akan sempurna, selalu ada yang harus diperbaiki.

tapi seperti yg sy bilang di Refleksi 2008 SATU, "walau sempurna belum tercipta, yang ada tetap luar biasa".




sy akan terus bersyukur & mengapresiasi semua ini sambil terus berpikir: setelah ini apa lagi ya yang harus dilakukan untuk angkatan? :)




--------------------------------------------------------
di lingkup yg agak beda, dlm rangka ngebangun rasa cinta mahasiswa FK ke kampusnya sy mulai thn ke 3 ini sempet milih untuk ga ngambil banyak kesibukan organisasi & sempet mutusin mau aktif di UKM Futsal FK. sayangnya baru aja ikut turnamen pertama, saya udah ga sreg sama pelatihnya :D