Sabtu, 05 November 2011

SIGNIFIKAN

bismillaahirrahmaanirrahiim

seperti yg udah temen2 tau, visi kami adalah SIGNIFIKAN.
penjelasannya gini:

1. filosofis
sebelumnya, udah ada pengurus-pengurus BEM yang ngisi sejarah KEMA Unpad. terlepas dari hasil kerjanya gimana, perubahannya sebesar apa, perbaikannya sebanyak apa, kami yakin bahwa para pendahulu sudah berniat baik & berusaha sebisa mereka melakukan perbaikan untuk Unpad & masyarakat pada umumnya.
kami sebagai salah satu calon yg akan mimpin KEMA Unpad berharap ngga cuma ngisi waktu, jadi salah satu kepengurusan yg pernah ada tapi hasilnya sama2 aja, atau stagnan (kalau pake grafik garisnya datar).

lihat KBBI Online:
sig·ni·fi·kan a penting; berarti: seorang -- yg dijadikan anutan; perbedaannya kecil sekali, tidak --


dalam ilmu statistik, nilai SIGNIFIKAN itu artinya terbukti ada perbedaan (CMIIW).

kami berharap dalam kepengurusan kami ada perbaikan yg lbh banyak, perubahan yg lbh besar, kerja yg lebih kerasa sehingga hasilnya lebih SIGNIFIKAN.

2. kepanjangan
SINERGIS MELAYANI, PROFESIONAL MEWUJUDKAN.
2 frasa yg masing2 terdiri dari adjektiva & verba ini merangkum fokus utama yg ingin kami bangun di KEMA Unpad: pelayanan yg sinergis kpd mahasiswa dan masyarakat & kerja2 yg profesional untuk mencapai hasil yg real.

SINERGIS & PROFESIONAL.

lihat KBBI Online:
si·ner·gis /sinérgis/ a berkenaan dng sinergi
si·ner·gi /sinérgi/ n 1 kegiatan atau operasi gabungan; 2 sinergisme;
ber·si·ner·gi v melakukan kegiatan atau operasi gabungan: sudah sampai waktunya bangsa Indonesia mulai bekerja dan - secara positif yg menguntungkan seluruh bangsa;

BEM Unpad hanyalah salah satu badan kelengkapan dalam satu kesatuan utuh KEMA Unpad. BEM Unpad hanyalah satu bagian dalam satu kesatuan utuh Universitas Padjadajaran. BEM Unpad hanyalah salah satu BEM dari sekian banyak BEM di Bandung Raya apalagi Indonesia.
untuk hasil kerja yg optimal, BEM Unpad perlu bersinergi dengan berbagai pihak di dalam dan di luar Unpad. Bergabung dalam menghidupkan kegiatan kemahasiswaan yg sesuai dg tujuannya.

pro·fe·si·o·nal /profésional/ a 1 bersangkutan dng profesi; 2 memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya: ia seorang juru masak --; 3 mengharuskan adanya pembayaran untuk melakukannya (lawan amatir): pertandingan tinju --


profesi kita apa? mahasiswa.
oleh karena itu, setiap kerja kita di KEMA Unpad harus dilandasi hakikat profesi kita tersebut. kerja kita harus dibangun dengan standar mahasiswa. hasil kerjanya bisa kurang (na'udzubillah) bisa lebih (aammiin, insyaa Allah), tapi acuan standarnya harus pas, ngga kurang ngga lebih.

***

sekian dulu untuk penjelasan ttg SIGNIFIKAN. kalau ada yg masih kurang jelas silakan ditanyakan, kalau ada yg punya masukan brilian kami sangat senang menerimanya.
terimakasih ya, teman2. semoga Allah balas semua yg teman2 berikan :)

Jumat, 04 November 2011

Kenapa BERANI MAJU & LAYAK DIPILIH?

bismillaahirrahmaanirrahiim.

bacanya rileks aja ya. kalo ada yg udah ngerut dahinya atau ngeras ototnya, silakan dibikin rileks dulu. saya coba sampaikan beberapa hal. kalo ada yang mau nanya lebih jauh, silakan. kalo ada yang mau ngasih masukan, kami sangat senang menerimanya.

1# tentang sebuah PEMILIHAN

sy punya pandangan tentang sebuah pemilihan. silakan tanggapi jika berkenan :)

pemilihan raya mahasiswa/sejenisnya adalah tempat org2 yg punya kemauan & keberanian untuk nerima amanah besar memimpin suatu komunitas. orang2 itu belum tentu yang paling pinter, paling kuat, paling capable, atau yang "paling" lainnya. yang pasti, orang2 itu mau & berani/siap & bersedia nerima konsekuensinya. orang2 pinter, kuat, bahkan terbaik-di-semua-aspek sekalipun kalo ga mau/ga berani/ga bersedia, ga layak nerima sebuah amanah.
seperti yang beberapa di antara kita pernah denger: pemimpin = pemimpi + n (nyali).

setelah mau & berani/siap & bersedia, orang2 ini harus nunjukin yg terbaik dari dirinya. total berusaha supaya para pemilih bisa ngeliat kemampuan terbaik dari tiap calon. kemampuan terbaik inilah yang nantinya jadi ukuran para pemilih menentukan pilihan. jadi, setelah orang2 ini ngusahain yg terbaik, keputusan ada di tangan para pemilih :)

2# KENAPA TAWA LAYAK DIPILIH?

1. karena kami MENDAFTAR :)
klo ga daftar, jelas kami ga pantes dipilih. lebih dari itu, mendaftarkan diri adalah bentuk kemauan & keberanian/kesiapan & kesediaan kami untuk berkontribusi & menerima tanggung jawab amanah ini. sesuai yg saya sampein di atas.
2. karena kami pernah MEMIMPIN DG HASIL YG (setidaknya) "DITERIMA"
saya sebagai Ketua Angkatan FK Unpad 2008 & mawan sebagai Ketua BEM FPIK menjalani kisah kepemimpinan kami yg alhamdulillah secara umum indah.

FK Unpad 2008 tahun ini mencapai prestasi akademik (100% naik tingkat *di luar yg cuti; sistem akademik FK mirip sekolah: naik/ga naik tingkat*) & non-akademik (juara Olymphiart *kompetisi internal FK*) yg membanggakan. memang perlu sedikit pemahaman ttg dunia FK untuk memahami prestasi akademik & non-akademik ini, tapi sederhananya izinkan saya menyebut capaian2 tsb sbg prestasi.
FK Unpad 2008 jg berisi mahasiswa2 dg berbagai latar belakang (ekonomi, sosial, budaya, dll). mahasiswa yg berlebih sampai yg memerlukan bantuan, mahasiswa dari berbagai daerah di dalam negeri bahkan luar negeri (malaysia: org2 melayu, india, chinese), dsbg.
Mawan sejauh ini berhasil mewujudkan 6 dari 7 program kerja unggulannya di BEM FPIK. sy nilai dia sbg salah satu Ketua BEM Fakultas yang sukses. tambahan, Mawan juga dinilai sebagai pemimpin yg baik oleh orang2 yg mengenalnya.

(kami tentunya belum pernah memimpin BEM Unpad sebelumnya, tapi) kami pernah memimpin di tingkat yang lebih kecil dengan hasil kerja yg (setidaknya) bisa diterima oleh orang2 yg kami pimpin. kini di hadapan kami terbuka kesempatan untuk memperluas area kerja sehingga manfaat yang bisa kami berikan juga semakin luas. maka kami siap & bersedia untuk menerima tantangan itu. semoga keputusan ini baik untuk diri kami, kampus ini, bangsa & agama secara umum.

sementara ini dulu ya. kalau ada yang ingin bertanya & memberikan masukan, kami senang menerimanya.
mohon maaf kalau dirasa lambat merespon, kami masih belajar mengatur waktu untuk memenuhi semua kewajiban kami.
terima kasih untuk semua perhatiannya. semoga Allah membalas kebaikan teman2 semua :)

ditulis untuk grup FB: TAWA SATU UNPAD

Sabtu, 15 Oktober 2011

Kok Mau? #1

tan, kenapa mau?


Suatu hari nini tampak termangu di  balkon rumah yang mulai dirimbuni tanaman rambat. Nini risau karena walaupun usia sudah mulai menua, sudah punya anak dan cucu, aki Iwan berkeras ingin bergabung dengan tentara sebagai sukarelawan. Kabarnya tentara sedang memburu kelompok separatis yang menculik warga negara asing.

Kemampuan aki tentang navigasi, mencari jejak, dan ketahanan hidup di hutan bisa sangat membantu tentara untuk meringkus para separatis. Nini tak bisa membayangkan apa jadinya jika terjadi apa-apa dengan aki, karena para separatis itu bersenjata bisa saja aki menjadi korban.

Nini bilang, "Tentara bukan, pegawai negeri bukan, digaji juga tidak tapi kok mau-maunya mengambil resiko sebesar itu!"


Kamis, 06 Oktober 2011

Pemimpin: Terlahir atau Terbentuk?

Dimana-mana tidak ada sekolah pemimpin, tak ada ijasah pemimpin.
Pemimpin tidak bisa dicetak atau di SK-kan.
Sebab pemimpin itu tumbuh di lapangan setelah berinteraksi dengan tantangan di masyarakat.
Bila seseorang memang berbakat menjadi pemimpin & mendapat tantangan,
ia akan menggunakan seluruh kemampuan & ilmu yang dikuasainya untuk menghadapi tantangan itu.
Pemimpin baru akan muncul dengan sendirinya.
Sebab tantangan yang menghadang bangsa masih banyak.
Pemimpin harus berakhlak mulia & berakar di hati rakyat.
(M. Natsir)


***

saya dapet ini dari blognya Bang Ali. waktu saya twit ini, ngga lama setelahnya ditanggepin sama Kang Ikus:

Pemimpin tidak hanya dilahirkan, tapi jg krn dibentuk.
Perlu tangan terampil membentuk emas bongkahan jadi emas perhiasan :)
Praktik kepemimpinan tetap butuh ilmu.
Ingat pepatah "Beramal tanpa ilmu, maka yg dirusak lebih banyak dari yg diperbaiki"
Majlis ilmu Rasulullah adalah Sekolah Kepemimpinan.
Laboratoriumnya adalah dunia. Alumninya menjadi para pemimpin yg mendunia
Kepemimpinan adalah ilmu sekaligus seni.
Maka memiliki ilmu dan keterampilan memimpin jd kebutuhan. Itulah perlunya "sekolah"
Hanya menunggu pemimpin yg muncul tiba2, itulah mental penunggu Ratu Adil.
Pemimpin itu harus dibentuk dan disiapkan juga :)

***

sebetulnya ngga bertentangan, tapi saling melengkapi :)

Istikharah

Allah, kumohon kebaikan..
yang cepat & yang lambat, yang ku tahu & yang belum..

Allah, kumohon surga & apa yang mendekatkan padanya baik ucapan/tindakan.
Ku berlindung dari neraka & apa yang mendekatkan padanya baik ucapan/tindakan.

Allah, kumohon agar Kau jadikan setiap keputusan yang kau takdirkan itu baik untukku (HR. Ibnu Majah)

Rabu, 05 Oktober 2011

Idealisme Kami

Betapa inginnya kami agar bangsa ini mengetahui
bahwa mereka lebih kami cintai daripada diri kami sendiri

Kami berbangga ketika jiwa-jiwa kami gugur
sebagai penebus bagi kehormatan mereka,
jika memang tebusan itu yang diperlukan

Atau menjadi harga bagi tegaknya kejayaan, kemuliaan,
dan terwujudnya cita-cita mereka jika memang itu harga yang harus dibayar

Tiada sesuatu yang membuat kami bersikap seperti ini
selain rasa cinta yang telah mengharu-biru hati kami,
menguasai perasaan kami, memeras habis air mata kami,
dan mencabut rasa ingin tidur dari pelupuk mata kami

Betapa berat rasa di hati kami
menyaksikan bencana yang mencabik-cabik bangsa ini,
sementara kita hanya menyerah pada kehinaan dan pasrah oleh keputusasaan

Kami ingin agar bangsa ini mengetahui
bahwa kami membawa misi yang bersih dan suci, bersih dari ambisi pribadi,
bersih dari kepentingan dunia, dan bersih dari hawa nafsu

Kami tidak mengharapkan sesuatu pun dari manusia,
tidak mengharap harta benda atau imbalan lainnya, tidak juga popularitas,
apalagi sekedar ucapan terima kasih
Yang kami harap adalah terbentuknya dunia yang lebih baik dan bermartabat
serta kebaikan dari Allah – Tuhan semesta alam

-----------------------------------------------------------------------
namanya juga 'idealisme', kenyataannya.. masih dalam proses berusaha dan menjaga kesadaran

Selasa, 04 Oktober 2011

Alma Matters - Morrissey

So : the choice I have made
May seem strange to you
But who asked you, anyway ?
It’s my life to wreck
My own way

You see : to someone,
somewhere, oh yeah ..
Alma matters
In mind, body and soul
In part, and in whole

Because to someone,
somewhere, oh yeah ..
Alma matters
In mind, body and soul
In part, and in whole

So the life I have made
May seem wrong to you
But, I’ve never been surer
It’s my life to ruin
My own way

You see : to someone,
somewhere, oh yeah ..
Alma matters
In mind, body and soul
In part, and in whole

Because to someone,
somewhere, oh yeah ..
Alma matters
In mind, body and soul
In part, and in whole

To someone, somewhere, oh yeah ..
Alma matters
In mind, body and soul
Part, and in whole

So to someone,
somewhere, oh yeah ..
Alma matters
In mind, body and soul
Part, and in whole

To someone,
somewhere, oh yeah ..
Oh yeah ..
Oh yeah, oh yeah
Oh yeah ..

-------------------------------------------------------------------
sekitar setahun yang lalu, Hakam ngebet banget nyari mp3 lagu ini. tiba2 kemaren Ponti ngetwit potongan lagu ini, jadi inget lagi karena semacam pas untuk jadi soundtrack hidup sekarang2 walaupun lagunya aneh dan kurang pas di telinga saya :)

Minggu, 08 Mei 2011

Chivalry 2011 Apa Adanya

Olymphiart, gelaran akbar seluruh mahasiswa FK Unpad yang tahun ini diberi nama “Chivalry 2011”, akhirnya hari ini dimulai. Mungkin banyak orang yang sudah mafhum bahwa suasana panas dan penuh konflik akan muncul setiap kali Olymphiart digelar. Bertahun-tahun diselenggarakan, berbagai masalah jadi bumbu yang tidak diharapkan tapi suka tidak suka selalu ada. Tahun ini, masalah-masalah pun ternyata sudah bermunculan sejak berhari-hari sebelum Olymphiart dimulai. Beberapa masalah yang mengemuka di antaranya:

1. Latihan basket. Salah satu angkatan melakukan latihan di GOR Bale Santika sehingga sempat dianggap angkatan lain memonopoli fasilitas yang seharusnya digunakan bersama. Akhirnya, setelah dilakukan komunikasi antarangkatan tentang latihan ini, detail permasalahannya lebih jelas dan penggunaan fasilitas itu pun tidak lagi dipermasalahkan.

2. Waktu pelaksanaan. Sempat santer dikabarkan Chivalry akan dimulai tanggal 25 April. Akan tetapi, di Technical Meeting 1 Jumat 25 Maret panitia mengumumkan bahwa Chivalry dimulai 18 April. Hal ini sempat menjadi pertanyaan bagi sebagian peserta, namun akhirnya bisa dijelaskan. Bagian penting dari poin ini adalah saat terjadi miskomunikasi di Technical Meeting sehingga suasana sempat agak memanas. Akhirnya pihak yang terkait sudah menyampaikan permohonan maaf dan meluruskan maksud dari apa yang disampaikannya.

3. Pemilihan lomba. Di Olymphiart tahun ini ada beberapa lomba yang bertambah dan berkurang dibanding Olymphiart sebelumnya. Hal ini juga bisa menimbulkan pertanyaan bagi sebagian peserta. Terlepas dari sudah jelas atau belum alasannya, secara objektif harus kita akui bahwa hal-hal semacam ini adalah wewenang penuh panitia.

4. Peraturan lomba. Ada peraturan lomba yang sempat jadi polemik dan berujung pada pelayangan surat naik banding oleh peserta sebagai bentuk permohonan peninjauan kembali. Hal ini jadi masalah karena peraturan yang ada dianggap menyalahi profesionalisme, sedangkan surat yang dilayangkan dianggap melanggar kesepakatan.

5. Jaket suporter. Hal ini dilatar belakangi rencana salah satu kontingen menggunakan jaket sebagai atribut suporter. Meskipun hal ini tidak terlarang, nyatanya sebagian pihak menentang pemakaian jaket karena berbagai alasan: budaya baru, suasana sensitif Olymphiart, sampai alasan subjektif seperti adanya orang-orang yang memang tidak suka dengan tindakan “beda sendiri”.

6. Perdebatan tentang diperbolehkan atau tidaknya Komisi Disiplin ikut berlomba. Kenyataannya, tidak ada angkatan yang mampu memenuhi permintaan jumlah perwakilan Komisi Disiplin sampai tenggat waktu yang sudah ditentukan. Permasalahan semakin rumit karena di balik itu memang ada masukan untuk menghapus larangan bermain bagi Komisi Disiplin, tapi juga ada yang menganggap perekrutan yang dilakukan belum diusahakan dengan baik.

7. Forum Senin Siang. Senin 28 Maret panitia mengadakan forum yang melibatkan berbagai elemen untuk membahas perubahan jadwal yang diajukan karena alasan jadwal akademik. Perubahan jadwal tidak menjadi permasalahan rumit, namun lagi-lagi terjadi miskomunikasi dalam hal lain.

8. Opini atau celetukan personal melalui twitter maupun langsung secara lisan dari berbagai pihak. Sepertinya, baik twitter maupun perbincangan mahasiswa FK Unpad akhir-akhir ini tidak sepi dari tema Olymphiart dan kadang itu mengandung risiko kontroversi atau kesalahpahaman.

Begitulah sekilas gambaran tentang berbagai masalah yang muncul sebelum Olymphiart dimulai. Menyikapi berbagai masalah yang berkembang, Rabu 6 April 2011 Steering Committe (SC) berinisiatif mengadakan Forum Hearing & Curhat yang melibatkan seluruh elemen yaitu Senat Mahasiswa, SC, panitia, komdis, dan perwakilan angkatan. Pada forum itu semua persoalan diutarakan secara terbuka sehingga semua pihak berhak memberikan tanggapan, solusi, masukan, atau permohonan maaf satu sama lain secara terbuka.


Ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari kejadian tersebut. Memang terkesan teoritis, tetapi sebetulnya kita sendiri yang menentukan sejauh mana kita bisa menerapkan ini ke depannya. Jangan sampai pelajaran yang didapat jadi sebatas teori semata. Kalau kata orang, NATO: No Action Talk Only.

Pertama, saling percaya dan berbaik sangka. Prasangka buruk dan persepsi negatif dapat menjadi akar sebuah konflik. Hal ini terjadi tak terkecuali di Olymphiart. Stigma yang melekat menjadi pemicu prasangka terhadap pihak tertentu. Kita belum yakin kalau seseorang itu salah, tetapi karena stigma tertentu akhirnya semua jadi tampak salah. Jangan sampai kita dengan mudah menghakimi orang hanya berdasarkan penilaian sendiri.

Kedua, komunikasi terbuka dengan cara yang tepat dan kepada pihak yang tepat. Persoalan atau pertanyaan yang muncul diklarifikasi dan dikomunikasikan secara terbuka ke pihak yang bertanggung jawab agar tidak terjadi miskomunikasi atau bias informasi. Caranya pun harus diperhatikan dengan sangat baik. Hal yang tidak kalah penting adalah mengomunikasikan hal-hal tersebut ke pihak yang tepat, yakni pihak yang bertanggung jawab. Kadang masalah bisa muncul karena kita mengklarifikasi atau menanyakan suatu hal kepada orang yang menjawab berdasarkan pandangannya sendiri tanpa memahami kondisi dan menyadari bahwa perkataannya bisa dianggap mewakili suatu kelompok besar.

Ketiga, hati-hati dalam memilih sikap dan mengambil keputusan. Pastikan kita bersikap adil dan profesional. Mungkin saja, keputusan yang kita ambil sebenarnya merugikan orang lain, walau tanpa sengaja. Mekanisme atau cara yang kurang baik dan tidak professional dapat menimbulkan kesalahpahaman yang berujung kritik dan keluhan orang lain.

Keempat, terbuka dalam menerima kritikan dan masukan. Kritikan dan masukan yang disampaikan harus diterima secara objektif. Terima apa adanya dengan lapang dada. Prasangka dan persepsi negatif hanya akan membuat ‘defense mechanism’pada diri kita sehingga masukan dari orang lain tidak bisa kita nilai secara objektif dan rasional.

Kelima, toleransi dalam perbedaan pandangan. Kunci toleransi adalah menerima sikap orang lain apa adanya, bukan menuntut orang lain selalu sesuai keinginan kita. Ada hal yang memang tidak bisa disamaratakan dan diseragamkan. Kita dituntut untuk belajar dewasa dan memandang perbedaan pendapat maupun perbedaan sikap sebagai keunikan dan menyikapi perbedaan sebagai potensi yang perlu diberdayakan, bukan ancaman yang perlu ditentang dan dilawan.

***

Kita tidak akan pernah menyerah untuk mewujudkan Olymphiart yang sukses menghadirkan kompetisi yang seru sekaligus menciptakan FK Unpad yang satu. Mari kita lihat dari sudut pandang optimis. Sisi positif munculnya suasana panas sejak sebelum Olymphiart dimulai adalah masalah-masalah yang ada bisa segera diselesaikan sehingga saat ajang ini dimulai kita siap bersenang-senang bersama. Optimisme bahwa Olymphiart bisa menjadi ajang kompetisi yang sehat, memunculkan minat dan bakat, sekaligus jadi perekat seluruh mahasiswa FK Unpad harus terus kita jaga. Ayo FK Unpad, semangat! :)

---------------------------------------------------------------------------
ditulis untuk buletin "WDK" Medicinus. dalam prosesnya, ada sedikit 'konflik' sama si bibi editor yang kurang-lebih hampir sama kaya isi tulisan ini. masalah prasangka, komunikasi, dll. lumayan, jd pelajaran tambahan buat saya :)

ini tulisan versi "semau saya" mulai judul sampe isi, karena yang dimuat akhirnya adalah versi ke-3 (jd udh 2x sy revisi) dan itu pun dipotong2 karena tuntutan kapasitas maksimum jumlah karakter. dipasang jadi headline dan dikasih judul sama si bibi editor "Ada Apa Dengan Chivalry".

tulisan ini dimuat bareng tulisan lain yang bikin buletin "WDK" edisi ini terkesan skpetis, sinis, subjektif, kontroversial, & akhirnya digugat orang.

sebetulnya, setelah ini ditulis pun masalahnya ga selesai. saya sempet jd mempertanyakan efektivitas forum rabu malem, efektivitas tulisan ini, bahkan sempet pesimis sama apa yg justru sy gembar-gemborin di akhir tulisan ini & sy sampein langsung di rabu malem ke jajaran panitia. tapi alhamdulillah optimisme & harapan muncul lagi kalo inget justru saya yg pernah ngemotivasi temen2 yg sempet pesimis, skeptis, bahkan sinis.

pesimisme insya Allah ga akan jadi temen saya, sampe kapan pun.

Deja Vu: Botak

saya adalah siswa pertama (otomatis angkatan pertama) SDIT Al Izzah Serang. temen seangkatan saya cuma belasan jumlahnya. waktu kelas 5, karena suatu alasan untuk pertama kalinya ibu nyuruh sy cukur rambut sampai botak. dengan berat hati saya turutin perintah ibu. anehnya, cuma karena pengen ikutan akhirnya SEMUA temen laki2 saya ikut botak juga. sampai sekarang itu jadi kenangan berkesan buat saya. saya msh ga ngerti kenapa mereka (sekali lg, SEMUANYA) mau ikut2an botak.

dan ternyata, fenomena yg hampir sama terulang sekitar 10 thn kemudian..

***

saya lupa persisnya gmn. hampir 1 tahun yg lalu, saya lg ngumpul sm tmn2 dan entah gimana pemicunya pokoknya ada yang bilang rambut saya selalu berantakan. tiba2 muncul saran supaya saya botak aja biar rapi. sy bilang "ga mauu.." (malu gitu).

entah gimana, kepikiran untuk ngehindar saya bilang aja, "oke botak klo 08 juara olymphiart". buat sy, juara Olymphiart itu kejadian luar biasa. ternyata, itu bener2 diinget & disebarin sama tmn2..

tersebarlah celetukan iseng itu. sampai akhirnya ada yg bilang, "cowo2nya botak semua aja". supaya beda, karena yg lain botak rambut saya disuruh mohawk. no, itu berlebihan. botak gara2 juara olym aja rasanya udh berlebihan *tp terlanjur bilang*

akhirnya kejadian, 2008 bener2 juara olymphiart dan saya beneran selalu dituntut botak sampai integritas dipertaruhkan (lebay). apalagi, yg lain udh pd mau ikut2an botak. ya sudahlah..

saya botakin kepala saya, terus saya langsung bawa tukang cukurnya ke Wisma Jatinangor Puri Indah. 22 org ditraktir botak ^^

saya bilang, anggap aja traktiran ini cuma penghargaan kecil untuk org2 yg lbh menghargai solidaritas drpd citra diri.. walaupun bentuknya sepele: botak.

udah saya bilang ke temen2, klo ada yg ga mau ikut2an iseng jd botak juga gapapa. biasa aja.. itu hak masing2. "SOLID" itu ga berarti harus "seragam" ^^

sampai2 tentang botak, Olymphiart emang ngasi banyak cerita.. terutama seneng sama2, susah sama2.. terimakasih SeMaFKUnpad & Chivalry_2011 :)


-----------------------------------------------------
wkt SD dulu, ada 1 org lg yg anehnya ikut botak jg: David Beckham! hahaha..
dulu kan Beckham dikenal sbg model minyak rambut Brylcreem, tiba2 di akhir pekan setelah saya botak, waktu saya nonton bola di TV Beckham botak & waktu itu lumayan jd fenomena.
yaa, pastinya itu cuma 'coincidence' :)

sy sama temen2 sempet foto bareng org2 botak tapi saya blm punya fotonya.
pokoknya klo dari belakang hampir semua susah dibedain.
nanti kita mau foto bareng pake jaket angkatan & bawa piala, pasti keren ^^

Refleksi 2008 S.A.T.U.


Halo, apa kabar 2008 ^^
Jalanku denganmu bermula belum lama
Banyak waktu sulit menggambarkan,
SIAPA 2008 dan BAGAIMANA 2008.

Ini Olymphiart ketiga, sekaligus jadi yang terakhir..
dan disini, tiap kita punya impian, 2008 jadi S.A.T.U.

SOLIDbanyak yg awalnya ga peduli.
ada yang begadang untuk Olymphiart, ada yang di kostan asik sendiri
mungkin sibuk ngerjain LI, mungkin sekedar ngabisin hari
tapi kita tahu..
walau sempurna belum tercipta, yang ada tetap luar biasa
sambil mengajak kawan di kanan-kiri, kita habis2an di lapangan & panggung seni
sembari terus menarik massa, kita berteriak sampai habis suara (iya kan? ^^)
terus berbenah, membentuk kekompakan.
asik sama-sama, susah sama2.
belajar berbagi, belajar bersimpati

AKTIF
Bertekad berikan yang terbaik untuk kampus FK Unpad tercinta
Sebanyak mungkin 2008 terjun ke lapangan
Berbagi peran..
Tekad kita, apapun perannya kita bantu Olymphiart jadi seru!
Kita mau 2008 S.A.T.U.
FK Unpad juga S.A.T.U.

TELADAN
kita mau terbang tinggi, tapi tidak terbang sendiri
kita cuma ingin jadi inspirasi..
lalu mengajak yang lain berlari.
mungkin sempat ada yang benci, lalu jadikan kita merasa sendiri
tapi sungguh tidak pernah ada maksud menyakiti..

UNGGUL
kita ingin menang,
dengan lantang kita tegaskan ini sejak kali pertama.
tapi sungguh mimpi ini tulus karena cinta..
bukan karena benci pada yang lainnya
ini tentang cinta.. yang membuat kita berikan semuanya
sampai bangun dan tidur, siang dan malam, semua tercurah untuk 2008..

hingga sebuah piala..
terasa jadi tanda cinta yang berarti,
sama sekali bukan untuk ongkang2 kaki di depan yang lain..

solid-aktif-teladan-unggul bukan pilihan..
semuanya harus hadir dan jadi karakter 2008
kaya kata tanri,
“di panggung & lapangan kita belajar berjuang, tapi dimana pun kita belajar kedewasaan”
dan “hal yang sama2 baik, kenapa harus dibenturkan?”
dan seperti yang Aul bilang,
di lapangan kita bertanding..
di luar lapangan kita bersanding

2008
Akhirnya kita sampai ke titik akhir..
Kita sama2 percaya, semua melakukan yang terbaik
Apapun hasilnya, kita bangga dengan prosesnya.

Bukan karena juara kita jadi cinta 2008, tapi karena cinta kita mau 2008 juara.
Artinya, menang-kalah, kita tetap cinta 2008.
Juara-ngga juara, kita tetep S. A. T. U.
SOLID. AKTIF. TELADAN. UNGGUL.

Terimakasih kepada panitia untuk kerja kerasnya,
maaf untuk kritik-saran yang mungkin bertubi-tubi..
Kami hanya ingin kita semua menjadi lebih baik
Terimakasih kepada SC yang mungkin banyak dipusingkan oleh 2008
Terimakasih kepada DC yang mau berkorban untuk kebaikan yang lebih luas..

Kami memang sayang 2008,
Namun, kami pun sayang semuanya, 2007, 2009, dan 2010...
Maaf untuk perkataan, perilaku yang tidak berkenan..

Untuk semua teman sejawat, semoga,
What happens in Olymphiart, stays in Olymphiart.
Cukup yang baiknya yang bertahan...

2008 untuk selamanya..
too eightcellent to be true!


----------------------------------------------------
dibuat bareng Fulki Fadhila untuk penutupan Chivalry 2011

Sabtu, 07 Mei 2011

Invictus

klo ga salah wkt libur bln puasa & lebaran kmrn, sy nonton film 'INVICTUS' yg ceritanya ttg usaha Nelson Mandela wkt awal2 jd presiden Afrika Selatan ngehapus budaya 'apartheid', yg stlah itu lbh jauhnya berusaha mempersatukan org2 kulit hitam & kulit putih. caranya adalah dg menghapus rasa dendam dr org2 kulit hitam terhadap kulit putih, memposisikan mereka setara, & membangun prestasi timnas Rugby Afsel. nah, yg terakhir ini jutru jd inti ceritanya.



***

wkt thn pertama kuliah, sbg ketua angkatan FK Unpad 2008 sy mikirin: apa yg hrs dilakukan u/ ngebangun rasa cinta tmn2 ke angkatan?

wkt itu yg kepikiran cuma 2 kuncinya: KEBANGGAN & KEBERSAMAAN.
makin tinggi kebanggaan tmn2 sama angkatan, insya Allah makin kuat jg cintanya. makin banyak momen2 kebersamaan yg ada, insya Allah jg makin kuat cintanya. bahkan bs dibilang, 2 hal ini jg saling berpengaruh. makin bangga makin solid jg makin bangga. sy share ke penguin, coret2annya sy simpen, terus penerapan ke arah programnya coba dirancang.


seiring dg wkt, implementasi teknisnya ga gampang. serba terkendala banyak hal. rapat penguin sempet ga rutin, kepengurusan serba ga jelas, mahasiswa reguler (indonesia) & kpbi (malaysia) msh parsial, & ada masalah2 lain. walau gagasan udh ada, penerapan selalu punya tantangan tersendiri.

Alhamdulillah, berbagai usaha yg kita lakukan untuk ngebangun kebanggaan & kebersamaan tmn2 ga sia2. berkali2 rapat penguin yg kadang geje (ga jelas), berbagai kumpul sama tmn2 malaysia, nyari2 org (ngelist, ngedeketin satu2) u/ ngurus acara & bentuk program lainnya, dan bahkan sampai berbagai usaha yg rasanya kecil.. semua itu skrg hasilnya mulai terlihat sedikit demi sedikit.


sampai rasanya sy bersyukur sekali jd Ketua Angkatan 2008 yg isinya org2 yg punya kemauan untuk ngebangun angkatannya. sejak malem terpilihnya sy jd Ketua Angkatan sy udh bilang ke temen2 ini tantangan besar buat saya, karena potensi temen2 udah sangat keliatan sejak ospek.

masih banyak PR. masih banyak potensi blm optimal, jd otomatis masih banyak yg harus dilakukan. sampai kapan pun ga akan sempurna, selalu ada yang harus diperbaiki.

tapi seperti yg sy bilang di Refleksi 2008 SATU, "walau sempurna belum tercipta, yang ada tetap luar biasa".




sy akan terus bersyukur & mengapresiasi semua ini sambil terus berpikir: setelah ini apa lagi ya yang harus dilakukan untuk angkatan? :)




--------------------------------------------------------
di lingkup yg agak beda, dlm rangka ngebangun rasa cinta mahasiswa FK ke kampusnya sy mulai thn ke 3 ini sempet milih untuk ga ngambil banyak kesibukan organisasi & sempet mutusin mau aktif di UKM Futsal FK. sayangnya baru aja ikut turnamen pertama, saya udah ga sreg sama pelatihnya :D

Sabtu, 09 April 2011

#SATU


@FKUnpad2008 SATU. Solid artinya kompak, asik sama2, susah sama2. Berbagi lah kita.. ada yg mau nambahin? #SATU

@FKUnpad2008 #SATU Aktif artinya kita ramein kampus, ngisi wkt sama hal positif. 2008 makin SATU, FK Unpad makin jaya *ayo tambahin..

@FKUnpad2008 #SATU Teladan artinya yg lain respek, kita jd inspirasi & contoh yg baik. Rangkul yg lain, manfaat kita jd luas lingkupnya

@FKUnpad2008 #SATU Unggul artinya lbh baik dr yg lain. Punya kisah menginspirasi, berprestasi dlm hal kecil sampai bsr. Akdmik-Non Akdmik :)

@FKUnpad2008 #SATU itu bukan cuma sehari.. 16 hari.. setahun.. 3,5 tahun.. #SATU itu selamanya. Selamanya kita 2008, selamanya kita #SATU

***

temen2 ada yg nambahin:

Fulki Fadhila (fulkifadhila): @arrizasyifaa dan #SATU itu bkn pilihan, tp solid-aktif-teladan-unggul dlm #SATU rengkuh. Ke-empat-nya hadir dn jd karakter @FKUnpad2008 :)

Fulki Fadhila (fulkifadhila): Ky kt pak ketua angkatan kita @arrizasyifaa; "hal yg sm2 baik knp harus dibenturkan?" :) @FKUnpad2008 #SATU

Floriyani Putri (floriyani): #SATU itu aku,kamu,kita..@FKUnpad2008

Edwardus_Edu (Edwardus Setiawan): #SATU itu brati "mess with One of us, deal with ALL of us" @FKUnpad2008

hahaha.. dasar Edu. Galak. udh gitu ditimpalin Radix

Radix Eko Setiawan (radixes_10): mess with One of us, deal with EDU ALONE hahahaRT @Edwardus_Edu: #SATU itu brati "mess with One of us, deal with ALL of us" @FKUnpad2008

#sabtupagi (2)

#sabtupagi ini ttg pesen Abu Bakar & Umar radhiyallahu'anhumaa. yg Abu Bakar sy skip ya. td ustadznya jam 6 udh mulai, sy baru d bdg jam7

1. yg jls baiknya, ikuti.. yg jls bahayanya, jauhi.. yg abu2, serahkan pd Allah (Umar ra.) #sabtupagi

pegang teguh pd yg kita yakin ini betul2 benar, tawakkal pd Allah u/ yg blm jelas & pasti.. walaupun kita punya kecenderungan #sabtupagi

2. aku cinta org yg tunjukkan salahku (Umar ra.) kritik itu indah, krna kita pasti bnyk salah. jgn bela diri, berterimakasihlah #sabtupagi

3. yg paling berakal, yg paling bs mentoleransi (Umar ra.) intelektual itu bijak pd org lain ^^ #sabtupagi

#jumatmalam

setelah khawatir dg aksi kolektif berisiko yg tetep dijalani, skrg khawatir sama reaksi beresiko yg jg tetep dijalani #jumatmalam

semoga semua bs objektif-rasional *mulai speechless #jumatmalam

cuma khawatir ga ada satupun pihak bijak.. ga ada lg pikiran rasional. semua emosional. ttg suka ga suka, ga akan ada selesainya #jumatmalam

sambil makan pecel lamongan, kita dengerin soundtrack #jumatmalam ini: Stop Crying Your Heart Out (Oasis) ^^

(ini lirik lagu Oasis "Stop Crying Your Heart Out")

Hold up.. hold on..
Don't be scared
You'll never change what's been and gone

May your smile.. Shine on..
Don't be scared
Your destiny will keep you on

'Cause all of the stars have faded away
Just try not to worry, you'll see them some day
Take what you need and be on your way
And stop crying your heart out

Get up.. Come on..
Why you scared? (I'm not scared)
You'll never change what's been and gone

'Cause all of the stars have faded away
Just try not to worry, you'll see them some day
Just take what you need and be on your way
And stop crying your heart out

We're all of the stars, we're fadin' away
Just try not to worry, you'll see us some day
Just take what you need and be on your way
And stop crying your heart out

Stop crying your heart out


#jumatmalam ini kyknya emang butuh refreshing. yg gila2 & konyol2 lempar ah :))

yg nonton video porno di DPR jd bahasan terpopuler #jumatmalam ini. tp emang, ga ada berita politik paling 'menjual' selain ttg PKS. konyol

pernah suatu situs portal berita ratingnya turun, apa kata bosnya? "cari berita ttg PKS!!" :)) #jumatmalam

ada yg nanya lwt YM ke sy ttg yg nonton video porno tadi, "gimana menurutmu?" pikiran #jumatmalam lgsg nyambung ke #rabumalam

satu, jgn generalisir. hati2 "pars pro toto". dia cuma satu, jgn judge seluruhnya. bijaklah.. #jumatmalam

dua, prinsip muslim itu dasarnya berbaik sangka. orgnya bilang ga sengaja, cuma kebuka bentar pas klik link di email.. salah? #jumatmalam

tiga, klo baik sangka tlalu susah, tetep objektif-rasional: buktikan! paparkan kronologi-data-fakta klo dia salah. jauhi asumsi #jumatmalam

empat, klo nanti emang kebukti salah, biarin aja dia dihukum BK-DPR & partainya.. santai aja klo emang apa adanya #jumatmalam

lima, klo ga kebukti ato kebukti ga salah, namanya hrs dibersihin. kasian orgnya, keluarganya, anaknya. kebayang diledekin tmn2 #jumatmalam

itulah makanya sy sih nyantai aja nunggu perkembangannya. emang beda klo udh ga suka kaya @syukronamin ato yg lain2 (banyak) #jumatmalam

blm apa2 udh digede2in, apalagi klo nanti ternyata emang kebukti salah.. kebayang makin maki2. kita sih santai & apa adanya aja #jumatmalam

klo blm pasti salah, brbaik sangka & tunggu kepastiannya. klo emg salah, dukung konsekuensinya. kita kn hrs komit sm bener-salah #jumatmalam

untunglah sy belajar banyak dr #rabumalam, jd gila & konyolnya #jumatmalam ini udh kebayang mesti gimana ^^ *walopun tetep agak "haffuh"

drpd ngomongin kejelekan org yg blm pasti, emg lbh baik nonton Briptu Dance di Trans 7 *tp lbh baik lg klo ada yg lbh manfaat ^^ #jumatmalam

#rabumalam

And you asked me what I want this year. and I try to make this kind and clear. just a chance that maybe we'll find better days #rabumalam

cause I don't need boxes wrapped in strings. and designer love and empty things. just a chance that maybe we'll find better days #rabumalam

So take these words and sing out loud. cause everyone is forgiven now. cause tonight's the night the world begins again #rabumalam

I need some place simple where we could live. and something only you can give. and that's faith and trust and peace while we're alive #rabumalam

itu potongan lirik lagu "Better Days" dari Goo Goo Dolls yg sedikit menggambarkan #rabumalam ^^

lagu "Try Try Try" dari Jason Mraz jg bs jd soundtrack #rabumalam. silakan buka TL @kyandhika untuk liat liriknya :)

ini dia Timeline kyandhika (kang kyan) yang sy maksud:

Sometimes we do forget to behave, we regret what we say, Cause words are too weapons if we don’t choose’em carefully.. #trytrytry

If we just try try try, Just to be nice. Then the world would be a better place for you and I #trytrytry

If we just live our lives, Putting our differences aside, Oh that would be so beautiful to me #trytrytry

Cause I don’t mind being anybody’s clown, I love a little lift cause i’m an optimistic in an altruistic way #trytrytry

Cause basically this place is needing instruments of harmony, Spreading my philosophy of love and inspiration. #trytrytry

Well it wouldn’t cost a penny but could save so many lonely lives from teary eyes, If we just try try try #trytrytry

To open up a can of understanding open up your heart. I’m just planting seeds, Cause I believe! #trytrytry

Selasa, 05 April 2011

#selasamalam

kali ini, biarkn sy brcrita lg. smoga ada mnfaat dr kultwit ini #selasamalam

Nabi, "jgn kalian memutus hubgn, jgn salg membelakangi, jgn salg brmusuhan, jgn salg dengki. Jdlah hamba2 Allah yg brsaudara.." #selasamalam

walau jelas, mari sabdanya kita lanjutkan lagi, "..tdk halal bg seorg muslim utk tdk brtegur sapa dg saudaranya di atas 3 hari" #selasamalam

"tak bertegur sapa 3 hari" jls tak bermakna tekstual 'sapa'. mustahil rasanya tiap 3 hari kita sapa semua teman & saudara #selasamalam

"tak sapa 3 hr" maknanya kmbali k awal: tak salg memutus hubungan, tak salg membelakangi, tak salg brmusuhan, & tak salg dengki #selasamalam

maknanya luas melebihi yg tampak, bhkn cenderung di dlm dada: berbaik sangka, berlapang dada, bersama dlm iman & taqwa #selasamalam

maka bukan nafsu jg indera tp biarkan hati & akal yg bicara, masih benarkah semuanya? baikkah ini semua adanya? #selasamalam

jk memang tak semestinya, jk kita msh keluarga, jk aku dan kau msh saudara.. mari duduk bersama, mari bicara terbuka apa adanya #selasamalam

agar kita bicara cinta hanya yg jls makna jg bentuknya, bukan lagi bicara cinta hanya karena yg dg siapa kita bersamanya #selasamalam

sbg penutup renungi firmanNya, "Tmn2 akrab hari itu sebagiannya jd musuh sbagian yg lain, kecuali org2 yg bertaqwa" (QS 43:67) #selasamalam

jgn sampai yg kita cintai & perjuangkan hri ini, jd pmberat hingga jd musuh di akhirat krna jauhkan kita dr taqwa. wallahua'lam #selasamalam

kalau pernah ada salah, satu saja saya tanya, "kita manusia kan?" ^^ #selasamalam

#seninpetang

twitter adalah media massa. dlm hal yg positif & bermanfaat, kamu bs sampaikan itu disini. banyak org akan dptkan kebaikan #seninpetang

tp u/ hal negatif jgn sampaikan disini, meski mksdmu u/ mengoreksi. yg dimaksud blm tentu tertuju, tp ada yg bs salah bereaksi #seninpetang

twit #seninpetang ini takkan panjang, sy cuma khawatir tanpa sadar sy buat kesalahan besar. astaghfirullah..

Senin, 04 April 2011

#seninpagi

tahukah kawan, bahwa sebuah kebaikan akan menarik kebaikan lainnya? karenanya kita melihat ada org terus disibukkan dg kebaikan #seninpagi

begitu jg dg kemaksiatan, ia akan mengundang kemaksiatan lainnya. maka jauhilah.. begitu Rasul bersabda #seninpagi

tapi tahukah kawan, seorg bijak di masa lalu pernah berkata, "ada kalanya sebuah kemaksiatan jd lbh baik dr sebuah kebaikan.." #seninpagi

ia brlaku kala sebuah maksiat itu jadikannya tersadar, lalu lbh menjaga diri dan menuntut diri utk selalu berkebaikan #seninpagi

sungguh itu lbh baik dr sebuah kebaikan yg jadikannya puas diri & tak lg mendorongnya menuju perbaikan #seninpagi

begitu jg kita lihat 2 org yg saling cinta begitu lama, suatu saat sekali saja silang pndpt tp ternyata jd musuh sepanjang masa #seninpagi

juga ada 2 kekasih luar biasa saling cinta, tp andai kau tahu awalnya mereka seakan musuh yg takkan prnah berdamai sepanjang usia #seninpagi

maka, tiap yg baik mari pertahankan sampai akhir usia. sedangkan, tiap yg salah mari jadikan pelajaran & semangat perbaikan ^^ #seninpagi

Minggu, 03 April 2011

#ahadsiang

Syawal, thn 3 H. 3rb tentara Quraisy brgkt menyerbu umat Islam d madinah. Rasul bermimpi, bnyk muslim akan jd korban #ahadsiang

Meski sudah berfirasat, Rasul tetap mngajak para shbt musyawarah antara mnjmput musuh atau mnunggu di dlm kota. #ahadsiang

Sbagian shbt ingin mnunggu, sbagian ingin mnymbut keluar. Mereka bilg, "Rasulullah, bawa kami keluar menghadapi musuh kita.." #ahadsiang

".. agar mereka tdk menganggap kita takut & tdk mampu menghadapi mereka", lanjut mereka. Terus didesak, Rasul menyetujui #ahadsiang

Meski ia seorg Rasul, meski ia tlh brfirasat tdk baik, meski ia pun enggan.. Ia tetap brmsywarah & komitmen prjuangkn hsilnya #ahadsiang

Rasul kenakan baju zirah & ambil senjatanya.. Shbt2 yg memaksa tak enak & meralat, "Rasulullah, kami td tlah mndesak anda.." #ahadsiang

"..pdhl tdk selayaknya kami begitu. Mk, jk anda suka duduklah". Rasul jawab, "Tdk pantas seorg nabi jk tlh makai baju zirahnya.." #ahadsiang

"..u/ meletakkannya kembali sblm berperang". Rasul takkan membatalkan hasil musyawarah yg sudah ditutup. #ahadsiang

Rasul komitmen pd hasil musyawarah, tp tdk bagi Sang Tua Munafiq: Abdullah Bin Ubay Bin Salul. Katanya, "Dia (Rasul).." #ahadsiang

"..tdk menyetujui pendptku bhkn mnytujui pndpt anak2 ingusan & org2 awam. Kami tdk tahu u/ apa kmi hrs mbunuh diri kmi sndiri?" #ahadsiang

saat akhirnya di perang Uhud ini bbrp muslim terbunuh, Alquran merekam komentar Munafiq di Surat Ali Imran (3) ayat 168 #ahadsiang

".. 'Sekiranya mrka ikuti kita, tentu mrka tdk trbunuh'.." Mereka salahkan hasil musyawarah. #ahadsiang

bandingkan sikap org munafiq di perang Uhud tadi dg sikap Umar ra. pasca perang Badar, saat Rasul bermusyawarah bersma para shbt #ahadsiang

ttg tawanan, Umar ra. beda pndpt dg shbat2 lain. Rasul putuskn ikt pndpt mayoritas. sblm dilaksanakan, Allah tegur dg QS. 8:67-68 #ahadsiang

saat Allah tegaskn Umar bnr & yg lain salah, Umar tdk salahkan hasil musyawarah & tdk banggakan diri. ia ikut menangis dg yg lain #ahadsiang

begitulah kita bljr menyikapi hasil musyawarah agar seperti Rasulullah & Umar ra, bukan kaum munafiq di perang Uhud. wallahua'lam #ahadsiang

Belajar Bijak #2: Warna

waktu SMP dulu, ada buku yg sangat membekas pada diri saya sampe sekarang. Judul bukunya "Kekuatan Cinta". buku ini adalah kumpulan tulisan Irfan Toni Herlambang di majalah Saksi (majalah politik). bukunya luar biasa karena cerita2nya sederhana tapi langsung dijelaskan hikmah luar biasa yg terkandung di dalamnya. salah satu dari 3 artikel yang paling membekas buat saya berjudul "Warna". Ini dia..

***


Ada dua orang anak selalu berkelahi. Dalam banyak hal mereka tak pernah akur. Mereka selalu berselisih paham. Saat yang satu berpendapat A, maka yang lain pasti punya pendapat yang berbeda. Mereka lakukan ini dimana saja. Di sekolah, di rumah ataupun di tempat bermain. Tentu saja, hal itu sangat merepotkan guru mereka karena mengganggu orang lain.

Suatu pagi ibu guru memanggil kedua anak itu. Ia meminta mereka masuk kedua ruangan berbeda. Ruangan itu hanya dipisahkan oleh sebuah tembok, namun ibu guru masih dapat melihat apa yang dilakukan mereka berdua dari kejauhan.

Di ruangan itu terdapat meja dengan selembar kertas yang terhampar di atasnya. Ibu guru meminta mereka menyebutkan apa warna kertas itu. Ah, lagi-lagi mereka berselisih paham. Anak yang pertama bilang, “Kertas itu putih!” Dari ruangan sebelahnya terdengar teriakan, “Bukan, bukan putih, kertas itu berwarna hitam!” Putih! Hitam! Putih!!! Hitam!!! Terdengar suara saling bersahutan.

Suara mereka semakin riuh. Perdebatan kedua anak itu makin sengit. “Hei, dasar buta warna, apa kamu tidak bisa melihat? Kertas itu putih, tahu!” Anak kedua tak mau kalah. “Buta warna? Hei, apa kamu tidak bisa membedakan antara hitam dan putih? Jelas-jelas itu kertas hitam.”

Mendengar itu semua, ibu guru berkata, “Tenang, tenang anak-anak. Sekarang coba, kalian kemari.” Ia mengajak kedua anak itu menghampirinya. “Nah sekarang, coba kalian berpindah tempat dan katakan apa warna kertas yang ada di atas meja itu.”

Kedua anak itu menurut. Mereka berpindah ruangan. Anak yang pertama berkata, “Hmm. Hii..hi..hitam, Bu.” Di ruangan yang lain terdengar suara yang serupa. Anak yang kedua berkata, “Putih, Bu.”

Keduanya benar. Ternyata ibu guru menyiapkan dua kertas yang berbeda buat mereka. Ia agaknya ingin memberikan hikmah bahwa saat mereka berselisih paham, bisa jadi sesungguhnya kedua anak itu benar. Tak ada yang salah dengan pendapat mereka. Hanya mungkin mereka melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda saja.

Teman, begitulah kita. Kita sering kali seperti dua anak kecil yang berselisih paham. Kita kerap berseteru, bermusuhan, dan tak pernah akur dalam banyak hal, dalam banyak situasi. Sayangnya, kita kerap pula tak mau mengalah, tak mau memahami, tak mau mengerti, dan tak mau mendengarkan ‘suara’ orang lain. Kita sering berpatokan pada diri sendiri dan menganggap semua pendapat kita adalah benar adanya.

Memang, ya memang, tak pernah ada kata keliru untuk berbeda pendapat. Tak ada yang salah dengan keragaman. Namun, agaknya kita harus lebih sering untuk bersatu dalam beberapa saat. Kita harus lebih sering untuk mau mengerti, mau memahami, dan mau mendengarkan orang lain. Kita harus lebih sering untuk mau ‘mengintip’ ruangan lain, sebelum kita mulai ‘menyebutkan warna’.

Kadang kita terlalu tinggi hati untuk mengakui kebenaran orang lain. Kita enggan untuk menyetujui pendapat mereka. Bukan karena pendapat mereka yang salah, tetapi karena kita tak mau merasa dikalahkan. Kita sering terpesona dengan rasa picik dan tak suka jika ada orang yang lebih baik. Kita memilih untuk tetap berpatokan pada diri sendiri dan membenarkan semua langkah yang kita perbuat.

Saya yakin akan selalu ada kebenaran jika kita memandang dengan cara yang berbeda, persepsi yang berbeda, dan sudut pandang yng berbeda. Sebab, menurut saya, tak ada kebenaran yang hakiki kecuali milik Illahi Rabbi.

Teman, cobalah untuk memahami persepsi orang lain sebelum kita berselisih paham.

***

tulisan ini saya siapin dari 2 tahun lalu, tp akhirnya saya publish hari ini.
bagi saya pribadi, tahapannya gini: punya pendapat sendiri, coba mengerti pendapat orang lain, ngambil sikap yg tepat.
sikap yg tepat ini bs tetep dg pendapat sendiri, bs ngikutin pendapat org lain, atau bs ngambil sikap baru. yang pasti, setelah kita saling ngerti, ngga hrs akhirnya kita sepakat & punya sikap yg sama. pd akhirnya, tetep hrs saling menghargai.

wallahu a'lam. semoga bermanfaat.

bukan burung onta

sebuah obrolan lewat Yahoo Messenger akhir Februari lalu..

***

syu130990 : :D
Kang Rihan : Wkwkwk. Fenomena burung onta
syu130990 : burung onta kumaha?
Kang Rihan : Kalo burung onta ditanya "kamu burung ya?" Dijawab "saya mah onta". Kalo ditanya "kamu onta ya?" "Bukan saya mah burung"
syu130990 : hahaha. munafik kitu. ironis
Kang Rihan : Anekdot buat aktivis yg g bisa tawazun antara dakwah dan akademis. Mun ditanya kenapa dakwah terbengkalai dijawab "maklum kuliah"
Kang Rihan : Mun ditanya kenapa akademik berantakan jawab "sibuk dakwah"
syu130990 : waduh nyepet pisan
Kang Rihan : Wkwkwq. Urang pisan.. MasyaAllah. Istigfar. Jgn ditiru. Teladani lah teteh mu.. Atau minimal kyan abangmu
syu130990 : okok


***

haffuh.. susah ya tawazun (seimbang)?

tp fenomena ngga kesana & ngga kesini itu kyknya cuma di Indonesia.
bahasa Inggrisnya burung onta kan "ostrich".
jd, bisa aja pas ditanya "kamu burung?" jawabnya "iya".
pas ditanya "kamu onta?" jawabnya "iya juga".
yu ah, kita jd "ostrich" aja *maksa ^^

btw, sy lbh suka ngomong "onta" drpd "unta" :D

#sabtupagi

ini jg twit2 Nabiel Al Musawa yg menurut sy inspiring, trus sy retweet dg ditambah hashtag #sabtupagi

***

#sabtupagi RT @Nabiel_Almusawa "GREAT people talk about IDEAS, AVERAGE people talk about THINGS, and SMALL people talk about OTHER PEOPLE".

#sabtupagi RT@Nabiel_Almusawa Organisasi yg baik itu elegan, mau memaafkan & membalas kejahatan dg kebaikan. Smoga kita slalu ramah & santun

#sabtupagi RT@Nabiel_Almusawa Brgsiapa diuji brsabar, diberi brsyukur, dizalimi memaafkan, menzalimi istighfar..

#sabtupagi RT@Nabiel_Almusawa .. Bagi mrk keselamatan & mereka tergolong yg mendpt hidayah (HR Baihaqi, shahih)

#sentuhan

akhir2 ini ada anggota DPR yg cukup jd berita karena menolak Rumah Dinas & gedung Baru DPR, namanya Nabiel Al Musawwa. saya coba buka account twitter-nya trus malah dpt bnyk kalimat2 bagus, salah satunya ttg sentuhan ikhwan-akhawat. ini dia..

***

RT @Nabiel_Almusawa A British man came to Sheikh and asked, "Why is not permissible in Islam for women to shake hands with a man?" #sentuhan

RT@Nabiel_Almusawa The Sheikh said, "Can you shake hands with Queen Elizabeth?" #sentuhan

RT @Nabiel_Almusawa British man replied, "Of course not, there are only certain people who can shake hands with Queen Elizabeth". #sentuhan

RT@Nabiel_Almusawa Sheikh replied with a smile on his face, "Our Women are Queens and Queens do not shake hands with strange men!" #sentuhan

Sabtu, 02 April 2011

#jumatpagi

(ada tulisan bagus berjudul "Dimanapun emas tetap emas" di blog The Positive Mindset Institute, sy kutip & ubah sedikit)

***

Ibarat mengemudi dg kecepatan tinggi di jln tol. Butuh konsentrasi tinggi. Cukup dilirik saja. Jangan terkecoh. Tetap tenang. #jumatpagi

Gunung tinggi berjurang dalam. Pantai indah berombak berdeburan. Dimanapun emas tetap emas. Karatnya tdk berkurang. #jumatpagi

Yg mengharap kepanikan biar kita kembalikan. Yg tdk tepat dg sendirinya kan tampak tidak relevan. #jumatpagi

Tetap tenang. Biarkan logika berpadu dengan kedewasaan. Biarkan retorika hanya berjodoh dengan kebenaran. #jumatpagi

#kamissore

untuk edisi #kamissore sy mau ngutip puisi/tulisan @wulantika_nur ^^

Sungguh.. Jika benci tumbuh di tunas hati, Kukatakan aku terima. (@wulantika_nur) #kamissore

Jika dendam singgah di ruang jiwa, Kutanamkan pasrah di dada. (@wulantika_nur) #kamissore

Tapi percayalah.. Tak ada sengaja jiwa memerihkan hati. Tak ada rencana asa membuyarkan jiwa. (@wulantika_nur) #kamissore

Karena jika kau mengerti raga di sini, Jiwanya berbisik.. ”Sungguh aku tidak datang untuk mempersulitmu” (@wulantika_nur) #kamissore

#rabusore

@FKUnpad2008, indah rasanya jk kita seikhlas Ali Bin Abi Thalib yg tak pernah pergi berperang selain untuk surga dariNya.. #rabusore

@FKUnpad2008, 1x musuh prnah meludahi wajah Ali.. ia buang pedangnya, ia tak mau ada lelah krna amarah, bukn krna mncari ridhaNya #rabusore

@FKUnpad2008, indah rasanya jk kita setenang Saad Bin Abi Waqqash yg dijamin surga krna tak prnh mndendam & brniat jahat pd sesama #rabusore

@FKUnpad2008, sekali wkt seseorang memfitnah Saad karena org itu riya, dusta, & cari nama.. org itu menjadi buta & hidup menderita #rabusore

@FKUnpad2008, cuma 1 psn sy: jgn berbuat salah, jgn berbuat bodoh.. jgn langgar aturan, jgn ada pihak yg dirugikan.. #rabusore

@FKUnpad2008, saat kita salah, akui & minta maaf.. saat kita benar, perjuangkan habis2an.. #rabusore

@FKUnpad2008, luruskan jk sy menyimpang. tenangkan jk sy meradang. sy cuma manusia biasa yg ingin kita sama2 belajar dewasa #rabusore

RT @FaktanyaAku: #FaktanyaAku memang pintar menasihati orang lain, tapi tidak tuk diriku sendiri.. #rabusore

@FKUnpad2008, saya mencintai kalian karena Allah.. #rabusore

#seninsiang

Mumpung lg istirahat tutor, pengen ngelepas perasaan mengganjal di dlm hati krna forum #seninsiang

Salahkah jk sy sakit hati krna @FKUnpad2008 brusaha brpikir & brsikap apa adanya tp malah diposisikan sbg tersalah di forum bsr #seninsiang?

Syukur pd Allah yg mberi sy pngalaman tertekan lbh dr ini sehingga lidah & ekspresi msh bs menjaga apa yg dikeluarkannya #seninsiang

Pd akhrnya sy rasa wajar.. Kita smua msh bljr bijak, trutama u/ topik sensitif di suasana yg cukup menegangkan #seninsiang

Yg plg penting dr smua ini memang plajaran hidup u/ bs bijak & dewasa ^^ #seninsiang

Mungkin kita smua (trutama sy) msh hrs bljr mngambil sikap yg tepat memandang benar-salah #seninsiang

Berambisi jd yg terbaik itu HARUS, tp tetap adil (tdk menyalahkan yg benar, tdk membenarkan yg salah) jg HARUS #seninsiang

Krna kita smua mungkn paham prlunya melihat dr brbagai sudut pandang, tp msh hrs bljr brhati2 menentukan sikap yg tepat stlahnya #seninsiang

Tdk cukup hanya melihat dr brbagai sudut pandang, tp stlhnya jg hrs bs menentukan sikap yg tepat & adil #seninsiang

Prjlnan msh pjg, kits bs jdkan momen ini yg trbaik sepjg sejarah: serunya optimal, konfliknya minimal :) #seninsiang

Ngeblog vs Ngetwit

sekarang, kayaknya emang udah rada males untuk nulis.
mungkin blm maksain diri lg, mungkin mau tp ga ktmu wkt, mungkn ada multialesan.

akhirnya pelariannya ke twitter. jd, dikit2 bs nulis. dikit2 jg bs liat tulisan org.

nah, sempet kepikiran jg karena twitter itu ada lbh banyak followernya jd drpd nulis di blog lbh seru nulis twit bersambung (twitbung) atau kuliah twitter (kultwit).

mungkin, sebagai pelampiasan sy udh lama ga nulis, jd sy mau nyalin kultwit/twitbung saya ke blog ini. biar lbh gampang diakses aja :)

Minggu, 06 Februari 2011

di dunia ini

di dunia ini kita BERLOMBA..
bersama banyak orang dengan berbagai latar belakang.
kau harus BERJUANG menang,
sebab tidak karena kau benar maka kemenangan bersamamu.
ya, kau harus berjuang MENANG,
karena hanya itulah tempat yang layak bagi kebenaran yang menyertaimu.

tiada PERJUANGAN tanpa PENGORBANAN.
tiada PENGORBANAN tanpa KESABARAN.
bersama kesulitan ada lebih banyak KEMUDAHAN.

Selasa, 01 Februari 2011

Fisiologi #2: Alveolus (2)


dari 2 faktor yang ngejaga alveolus supaya ngga collapse, surfaktan berperan lebih utama daripada mekanisme interdependensi alveolus.

***

"tan, minta taushiyah dong. saya lagi futur nih," ngga jarang ada orang nanya gini ke saya.

saya jawab, "kerjain aja apa yang harus kamu kerjain".

kalo kata iklan, "just do it!". males belajar? belajar aja! ngga usah nunggu taushiyah dulu. saya yakin kalo mau pinter kita harus belajar, kalo mau kaya kita harus berusaha.. soalnya "pinter" dan "kaya" adalah sesuatu yang di luar kendali kita.
tapi untuk rajin, kita cuma harus rajin. kalo mau belajar, kita cuma harus belajar. ngga harus semangat dulu. kalo mau semangat, tinggal semangat aja. ngga butuh apa2 dulu. soalnya rajin, belajar, dan semangat adalah sesuatu yang di dalam kendali kita.

kesalahan awalnya adalah persepsi tentang diri kita yang seolah ngga kita kendaliin. harus kita stimulus dulu untuk gerak. itu kan jelas salah. kalo mau gerak ya tinggal gerak. kalo hati dan badan kita seolah jadi 2 orang yang berbeda, hati2 jangan2 badan (alias diri) kita lagi dikendaliin hawa nafsu atau syetan, bukan hati nurani (alias diri) kita sendiri.

kalo belajar dari surfaktan, menurut saya obat males paling ampuh itu semangat dari diri kita sendiri. kalo males, paksain aja. obat males itu ngerjain apa yang harus kita kerjain. ga usah banyak mikir minta taushiyah, nyari lingkungan kondusif, dan lain-lain. kalo tau kita salah, langsung puter arah. kalo tau harusnya gimana, ya langsung kerja. beres. ga ribet.

kalo kata Allah,
"berangkatlah kamu baik dengan rasa ringan maupun rasa berat.." [QS. At Taubah (9) : 41]


kata seorang mentor saya jaman SMA dulu, pilihan kata 'infiruu' yang artinya 'berangkatlah' disini bermakna 'melesat bagaikan anak panah'. jadi walaupun males, kerjain aja sekuat tenaga.

ada yang bilang ke saya, "tapi nanti ga ada feel-nya.."

mendingan dikerjain tanpa feel daripada ngga ngerjain sama sekali, kan?
kerjain aja, semoga Allah perlahan ngasih perasaan nikmat dalam ngerjainnya.

surfaktan berperan lebih utama daripada mekanisme interdependensi alveolus. nah, saya rasa faktor utama yang ngejaga diri kita supaya ngga collapse juga adalah diri kita sendiri, bukan orang lain.
ujung2nya, MAU ATAU NGGA?!

***

*) 'futur' bisa diartiin 'kembali/mundur/menurun'. biasanya istilah 'futur' dipake untuk keimanan yang lagi melemah.

Senin, 31 Januari 2011

Fisiologi #1: Alveolus (1)


tentu semuanya udah pada tau sama yang namanya alveolus, yaitu tempat pertukaran udara di dalam paru-paru. nah, ada yang menarik dari alveolus. mereka punya kecenderungan untuk collapse alias mengkerut karena surface tension (tegangan permukaan) yang dia punya. yang bikin dia ngga collapse ada 2 faktor.


pertama, dia ngehasilin surfaktan. surfaktan adalah zat cair yang nahan permukaannya biar ga mengkerut. kalau ada bayi yang lahir prematur, resikonya besar untuk kena masalah pernapasan karena sel-sel alveolusnya belum cukup matang untuk ngehasilin surfaktan yang memadai.

kedua, mekanisme yang disebut interdependensi alveolus. kantung alveolus (alveolar sac) berbentuk kantung bulat kaya balon. nah, mereka berkumpul mirip anggur ngebentuk alveolar duct. jadi kalo suatu kantung alveolus kekurangan surfaktan dan cenderung mengkerut, dia bakal narik kantung alveolus yang lain untuk meregang. nah, karena yang lain juga punya tegangan permukaan (surface tension) yang cenderung narik dia mengkerut ke dalem, jadinya alveolar sac yang ketarik meregang ini bakal cenderung ngejaga bentuknya. hal ini yang bikin dia juga cenderung nahan alveolus yang tadinya udah mau mengkerut karena kurang surfaktan itu ga jadi mengkerut dan bisa tetep terjaga bentuknya.



***

faktor utama keberhasilan kita dalam hal apapun adalah takdir Allah. usaha segimana besar pun, kalo Allah berkehendak lain ga bakal jadi. sebaliknya kalo Allah berkehendak, kita ga berusaha keras (atau ga berusaha bahkan berusaha menghindar pun) bakal tetep terjadi. nah, di sisi lainnya barulah ada area yang jadi domain kita, yaitu usaha (ikhtiar).

ada 2 hal yang berpengaruh besar pada diri kita, yaitu faktor internal diri kita dan lingkungan. sama kaya alveolus yang cenderung collapse, manusia cenderung untuk males, gampang jatuh, dan lemah usaha. sama kaya alveolus juga, faktor yang bisa ngejaga manusia supaya ngga "collapse" adalah "surfaktan" yang dia punya alias daya tahannya sendiri dan orang-orang lain yang ada di sekitarnya yang sama kaya alveolus-alveolus lain yang ngejaga alveolus yang udah mau collapse untuk tetep bertahan.

(bersambung..)

Kamis, 27 Januari 2011

tak ingin ku kembali #2

rasa jenuh terkadang menerpa
hadapi hari seperti biasa
dunia yang s'makin tak bersahabat
ingin kutinggalkan walau sesaat
(Sepohon Rindang, Faliq)

Ya, kalo udah berhadapan sama kondisi yang kedua (ketarik2 untuk 'kembali'), rasanya pengen pergi jauh2 dari dunia. Ngikutin cara tobatnya seorang pembunuh 100 orang yang di kisahnya dianjurin untuk pindah kota oleh sang 'alim. Tapi kalo gitu, jadi ga nerapin sunnah rasul dalam haditsnya:

“Orang mu’min yang berbaur di tengah manusia dan dia sabar terhadap sikap buruk (penindasan) mereka adalah lebih baik daripada orang mu’min yang tidak berbaur dengan manusia dan tidak sabar terhadap sikap buruk mereka”.

Diperlakukan dengan buruk aja lebih baik bersabar, apalagi cuma jadi ujian konsistensi. Juga, kalo semua yang baik ninggalin wilayah yang ga baik, siapa yang akan memperbaiki manusia? Siapa yang akan jadi muslim sejati: 'shaleh dan menyalehkan'?
Sekali lagi, emang dilematis.

***

Anis Matta menutup tulisannnya dengan mengatakan,

"Maka, para pahlwan mikmin sejati berdiri tegak disana; diantara tipuan pendewaan dan godaan kenikmatan bumi. Mereka terus berjalan dengan mantap menuju puncak kepahlawanan: tidak ada kepuasaan sampai karya jadi tuntas, dan tidak ada kenikmatan melebihi apa yang mungkin diciptakan oleh kelelahan".

Kita emang perlu ngelatih prinsip sederhana:

"tak lemah karena cacian,
tak bangga karena pujian dan gemuruh tepuk tangan".


Whatever they say, just go straight ahead!

Bukannya ga tau caranya. Bukan juga karena ga bisa. Ga mungkin ga bisa. Cuma, seperti halnya Adam a.s. dulu:

"Dan sungguh telah Kami pesankan kepada Adam dahulu, tapi dia lupa dan Kami tidak dapati kemauan yang kuat padanya". [QS Thaha (20):115]

Ya Allah, teguhkan hati kami dalam agamaMu.
Ya Allah, teguhkan hati kami dalam ketaatan kepadaMu.
Ya Allah, berikan kami kekuatan untuk bertahan,
karena kami tahu..
hanya yang bertahan yang kan sampai ke tujuan.

tak ingin ku kembali #1

izinkan lagu ini temani aku pergi
pergi dan tak kembali
dingin dan sendiri
tak ingin tuk kembali
temuimu lagi
dan ingin kau mengerti ini
(Tak Ingin Ku Kembali, Ambon Tuasikal)

ini lagu bikinan salah seorang sahabat saya, namanya Ambon. okelah ini lagu cinta yang bahkan bernuansa galau karena latar belakang proses pembuatan lagunya emang agak sendu, tapi untuk saya liriknya punya makna tersendiri.

***

seorang pahlawan, menurut Anis Matta, akan harum namanya. tapi menurut beliau, ada tantangan yang menyertai keharuman itu.

"Masyarakat manusia pada umumnya selalu mempunyai dua sikap terhadap keharuman itu. Pertama, mereka biasanya akan mengagumi para pahlawan itu, bahkan terkadang sampai pada tingkat pendewaan. Kedua, mereka akan merasa kasihan kepada para pahlawan tersebut, karena mereka tidak sempat menikmati hidup secara wajar".
(Di Balik Keharumannya, Anis Matta)

"Keluarga para pahlawan seringkali tidak merasakan gaung kebesaran atau semerbak harum nama sang pahlawan. Karena, ia hidup ditengah-tengah mereka, setiap hari, bahkan setiap saat. Bagi mereka, sang pahlawan adalah juga manusia biasa, yang mempunyai keinginan-keinginan dan kegemaran-kegemaran tertentu seperti mereka. Mereka harus menikmatinya. Maka, merekalah yang sering menggoda sang pahlawan untuk tidak melulu 'mendaki' langit, tetapi juga sekali-kali 'turun' ke bumi".

Begitulah dua bentuk ujian untuk para pahlawan dari orang2 yang ada di dekatnya. Saya rasa, itu bukan cuma untuk orang2 yang udah layak disebut "pahlawan" (yang kesannya adalah orang superspesial luar biasa). Ujian kaya gini juga bisa dihadapi oleh orang2 yang berusaha berbuat baik, atau bahkan baru mulai mau berubah jadi lebih baik. Ujian itu bisa berbentuk dua hal: kekaguman yang berlebihan atau tarikan orang2 kepadanya untuk 'hidup wajar'.

Beberapa paragraf setelahnya, Anis Matta nambahin..

"Kedua sikap itu adalah jebakan. Kekaguman dan pendewaan sering menjebak para pahlawan. Sebab, hal itu akan mempercepat munculnya rasa puas dalam dirinya, sehingga karya yang sebenarnya belum sampai puncak, akhirnya terhenti di pertengahan jalan akibat rasa puas."

"Panggilan turun ke bumi adalah jebakan lain. Menjadi pahlawan memang akan menyebabkan kita meninggalkan sangat banyak kegemaran dan kenikmatan hidup. Bahkan, privasi kita akan sangat terganggu. Namun, itulah pajaknya. Akan tetapi, banyak orang gagal melanjutkan perjalanan menuju puncak kepahlawanan mereka, karena tergoda 'kembali' ke habitat manusia biasa, seperti angin sepoy yang mengirim kantuk kepada orang yang sedang membaca, seperti itulah panggilan turun kebumi menggoda sang pahlawan untuk berhenti mendaki".

***

Nah, itulah ujian tersulitnya. Kadang, kualitas diri dan kerja amal shaleh belum seberapa tapi pujian dan kekaguman udah berlebihan. Ini jadi ujian keikhlasan dan juga sangat beresiko numbuhin kepuasan prematur. Ironis.

Dalam proses perbaikan diri seseorang ada istilah yang biasa disebut 'futur' (bhs Arab) yang bisa diartiin 'kembali'. Yang paling mungkin narik seseorang untuk 'futur' adalah lingkungan terdekatnya. Jebakannya adalah jebakan 'membumi'. Ini dilematis.



(bersambung..)